Mistis’s Weblog

Duniaku & Dunia Lain

MENETRALISIR SIAL LEWAT MAKANAN

Posted by mystys pada Mei 13, 2008

OLEH: ITONG R. HARIADI

Makanan dan hawa Yin-Yang yang seimbang akan membawa banyak kebaikan. Sebaliknya, bila keseimbangan ini diremehkan, penyakit dan kesialan yang akan datang. Bagaimana agar keseimbangan ini bisa kita peroleh…?

Anda pernah ke Semarang? Kalau pernah, tentu disana Anda tidak melewatkan untuk mencicipi, bahkan memborong makanan kota khas ini. Bukan wingko babat, tapi lumpia.
Tidak harus ke Semarang, memang, bila hanya sekedar ingin merasakan kelezatan gorengan ini. Di berbagai kota pun Anda bisa mendapatkannya, termasuk yang ditambahi embel-embel “Asli Semarang.” Namun, lumpia yang benar-benar asli dan ada di semarang, tentu mempunyai kelezatan yang berbeda. Terutama lumpia-lumpia yang namanya sudah melegenda, seperti lumpia Gang Lombok atau Lumpia Mbak Lien di Jalan Pemuda.Agar kelezatannya lebih terasa, lumpia Semarang paling enak disantap dengan saus manis yang disebut kelawa, lalapan daun bawang, acar mentimun, dan tentu saja cabe rawit. Kelezatan inilah yang membuat lumpia Semarang begitu dikenal. Hingga harganya yang relatif mahal, bisa 2 sampai 3 kali harga lumpia biasa, tidak menyurutkan para penggemarnya.
Namun bukan hanya itu daya tarik dan kelebihan lumpia Semarang. Bagi sebagian orang, daya tarik malah berasal dari bahan-bahan pembuatannya. Bahan-bahan ini dipercaya mengandung berbagai energi yang sangat diperlukan tubuh. Energi-energi yang seimbang. Bahan utamanya, rebung alias tunas bambu, dipercaya mengandung hawa Yin (dingin) yang berkhasiat menambah tenaga dan panjang umur. Sementara bahan lainnya; telur, udang, dan daging ayam, atau disebut pihie, mengandung hawa Yang (panas), yang juga bisa meningkatkan daya dan gairah seksual.
Bukan hanya lumpia, makanan yang mengandung hawa-hawa seperti diatas. Dalam kepercayaan bangsa Tionghoa, hampir semua tumbuhan atau hewan yang bisa dijadikan bahan makanan, mengandung hawa Yin dan Yang. Sebagai contoh tauge, kubis, wortel, kepiting, mentimun, bebek, tahu, selada air, dan air. Semua bahan tersebut bersifat Yin. Daging sapi, daging ayam, telur, jahe, dan minuman anggur memiliki hawa Yang.
Masing-masing hawa atau energi tersebut membawa khasiatnya sendiri-sendiri. Namun sesuai dengan prinsip Yin dan Yang (keseimbangan), jika tak seimbang maka bisa jadi malahan akan membawa keburukan, teruma bila tidak benar dalam mengkonsumsinya. Misalnya, bila kita selalu mengkonsumsi makanan-makanan seperti telur, udang atau daging (Yang), tanpa diimbangi makanan Yin, malah penyakit yang akan datang. Maka, mengkonsumsinya secara seimbang, merupakan suatu keharusan agar kita bisa secara maksimal memanfaatkan setiap khasiat yang dikandungnya. Karena pada dasarnya, berjangkitnya sebuah penyakit merupakan hasil ketidakseimbangan energi dalam tubuh.
Rasa sebuah makanan juga bisa mempengaruhi bagian-bagian tertentu tubuh manusia. Karena tubuh manusia sendiri juga terbagi dalam kelompok-kelompok Yin dan Yang. Sekaligus berkaitan pula dengan lima elemen yang ada dalam fengshui. Misalnya hati, urat, dan mata berunsur kayu. Jantung, sirkulasi darah, dan lidah berelemen api. Organ limpa, daging, dan mulut berunsur tanah. Sedang paru-paru, kulit, rambut dan hidung berhubungan dengan elemen logam. Sementara yang berhubungan dengan unsur air adalah ginjal, tulang dan telinga.
Sedang rasa makanan yang dikelompokkan dalam lima elemen tersebut adalah; manis berunsur tanah, pahit berelemen api, asam merupakan unsur kayu, pedas berunsur logam, dan asin memiliki elemen air. Dua hal itulah yang mempengaruhi organ-organ dalam tubuh manusia yang terbagi dalam golongan Yin dan Yang tadi.
Mengkonsumsi makanan-makanan yang seimbang antara Yin’ dan Yang-nya, juga bisa membuat pencernaan bekerja secara normal. Alhasil, kesehatan tubuh kita akan bisa terkendali. Bukan hanya perut kenyang dan selera terpuaskan, namun sekaligus bisa memberikan terapi kesehatan. Karena ternyata makanan-makanan yang kita konsumsi, asal seimbang, bisa berperan sebagai katalisator kesehatan yang cukup baik. Dan bila kesehatan selalu terjaga, keberuntungan pun akan selalu menyertai, sedang kesialan akan pergi menjauh.
Maka, pemahaman tentang keseimbangan itu benar-benar merupakan hal penting yang harus dipahami. Termasuk bagi mereka yang sedang melakukan diet. Dengan diet berkonsep Yin dan Yang, berbagai masalah yang mungkin timbul selama melakukan diet bisa dihindari. Ini karena konsep tersebut mampu mengoreksi keseimbangan dalam makanan, hingga terjadi keseimbangan yang lebih baik antara makanan yang bersifat Yin dan Yang.
Di Indonesia khususnya, atau negara-negara Asia lainnya, tidak susah untuk mendapatkan makanan yang memiliki keseimbangan Yin dan Yang. Selain bahan-bahan mentah yang banyak terdapat di pasaran, bahkan bisa kita budidayakan sendiri, banyak menu masakan jadi yang telah memenuhi keseimbangan tersebut. Menu-menu semacam ini bahkan telah ada sejak berabad-abad lalu.
Dengan manu masakan yang seimbang, selain memperoleh manfaat seperti di atas, kita pun bisa berolah lidah dengan sebuah citarasa sesuai yang kita inginkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: