Mistis’s Weblog

Duniaku & Dunia Lain

HIPNOTIS ILMIAH DI DUNIA MISTIK

Posted by mystys pada Maret 18, 2008

OLEH: EKA SUPRIATNA

Kecuali Allah yang Maha Gaib, maka, semua hal yang ada di dunia bisa dipelajari secara empirik. Salah satunya adalah hipnotis, suatu cabang mistik yang berhasil diilmiahkan ….

Bagi pembaca, ilmu hipnotis tentu bukanlah hal baru. Berbagai kejadian yang terkait dengan hipnotis di tengah masyarakat juga sering kita dengar. Misalnya orang dihipnotis lalu kehilangan harta bendanya.
Sementara itu, beberapa paranormal juga menawarkan jasa dan pengajaran ilmu hipnotis seperti dalam iklan mereka. Dan, kami sadar apa yang ada dibenak pembaca tentang hipnotis adalah sesuatu yang penuh dengan unsur klenik dan mistik.
Tapi seiring dengan perkembangan pemikiran manusia, ilmu hipnotis ternyata bukan melulu mistik dan klenik. Hipnotis bisa diilmiahkan dan bahkan sangat ilmiah, semua bisa diurai dan dijelaskan dengan logika. Tidak harus ada menyan, mantera, ritual atau jin yang mengerikan. Hipnotis adalah suatu seni komunikasi yang sangat persuasif dan prima, sehingga dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar seseorang. Adalah Yan Nurindra MCH, CHt., 43 tahun, seorang pakar hipnotis yang pertama kali memperkenalkan teori hipnotis modern di negeri ini. Tahun 1999, Yan mulai berpikir ulang tentang profesinya sebagai Dukun Gendam. Akal sehatnya terus berputar mencari tahu apa rahasia di balik ilmu gendam dan hipnotis. Hingga akhirnya dia memutuskan untuk mempelajari ilmu hipnotis di Amerika dan Kanada. Hasilnya cukup mengejutkan. Ilmu hipnotis ternyata bisa dipelajari oleh siapapun tanpa unsur mistik sama sekali.
“Perangkat mistik dalam hipnotis hanya sebuah sugesti mental agar orang punya keyakinan akan kekuatan hipnotis,” jelas Yan ketika ditemui Misteri beberapa waktu lalu.
Meski begitu, Sarjana Teknik lulusan Institut Tekhnologi Surabaya ini tidak menampik bahwa ilmu hipnotis memang berangkat dari hal mistik dan klenik. Menurut sejarah, hipnotis berawal dari fenomena trance (kesurupan) di berbagai kebudayaan masa silam. Perjalanan hipnotis diadaptasi dari metode hipnotis kuno oleh Dr. Franz Anton Mesmer diabad XVI dan dikenal dengan teknik Mesmerisme yang menduga adanya kekuatan magnit dalam tubuh manusia. Era hipnotis modern dimulai pada abad XX. Dan hipnotis telah bermetamorposis dari spekulasi gejala magnetisme ke teknik komunikasi persuasif. Sehingga tahun 1950-an metode hipnotis telah diakui oleh pemerintah Amerika.
Saat ini, hipnotis merupakan suatu keterampilan komunikasi yang sangat persuasif sehingga dapat mengalihkan kesadaran seseorang di kesadaran eksternal ke kesadaran internal. Pada fokus kesadaran internal kepada seseorang dapat diberikan sugesti-sugesti yang dapat memprogram ulang alam bawah sadar seseorang untuk berbagai tujuan. Kini melalui sistem pengajaran khusus yang dikembangkan oleh The Indonesian Board of Hypnotherapy, maka hipnotis dapat dipelajari hanya dalam waktu 8 jam.
Dijelaskan Yan yang tercatat sebagai anggota National Guild of Hypnotist, pada perkembangan selanjutnya ilmu hipnotis diaplikasikan menjadi tiga bagian. Pertama, hipnotis untuk pertunjukan yang disebut dengan nama Stage Hypnotist. Kemudian Hypnotherapy, ilmu hipnotis yang banyak digukana orang untuk penyembuhan penyakit medis dan non medis. Dan yang ketiga adalah Hypnoselling, sebuah ilmu hipnotis yang banyak digunakan orang untuk urusan bisnis dan usaha.
Lebih jauh Yan menjelaskan, Stage Hypnotist adalah bagian dari ilmu hipnotis yang digunakan dalam sebuah pertunjukan guna menghibur penontonnya. Pengguna Stage Hypnotist harus memiliki penampilan yang meyakinkan, unik atau lain dari yang lainnya, seperti yang sering kita lihat di layar kaca. Romy Raphael adalah salah seorang pengguna Stage Hypnotist tersukses di Indonesia. Dengan penampilannya yang khas, Romy bisa membuat orang terhipnotis sebelum dia beraksi.
Hypnotherapy adalah bagian dari ilmu hipnotis yang digunakan orang untuk menyembuhkan penyakit medis dan non medis. Misalnya orang terkena strooke, dengan terapi hipnotis otot-otot yang sulit bergerak dapat kembali bergerak. Sebab pada dasarnya otot yang tidak dapat digerakan tersebut akibat tersumbatnya perintah otak pada organ yang terkena strooke. Demikian pula dengan penyakit-penyakit lain, semua bisa dicari sebabnya lalu diobati dengan metode Hypnotherapy.
Terakhir dan yang akan kami bahas lebih jauh adalah Hypnoselling, sebuah ilmu hipnotis yang khusus digunakan para pengusaha, artis, pembicara publik dan sebagainya yang berkaitan dengan bidang usaha. Hypnoselling bukan teknik yang bertujuan untuk menipu, menidurkan orang, mengalihkan kesadaran, memanipulasi atau tujuan-tujuan lain yang sifatnya negatif. Hypnoselling adalah teknik penjualan (usaha-Red.) yang diguakan untuk membenahi dan memotivasi mental, memahami psikologi proses, mengenali kebutuhan tersembunyi klein, mengatasi hambatan keberatan dan menutupnya dengan win-win solusion.
Tahukah, keputusan yang diambil seseorang 88% dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar manusia (sub-conscious). Hanya 12% keputusan seseorang diambil atas dasar logika dan analisa ekonomi. Inilah alasan mengapa tidak selalu harga termurah yang dibeli, tidak selalu produk/jasa terbaik yang dipilih. Mengapa seorang konsumen selalu datang dan datang kembali pada produsen yang sama dan tidak kepada yang lain. Ini sekaligus menjelaskan mengapa selalu ada orang yang gagal bertransaksi.
Seorang bintang tidak dilahirkan, tetapi dibentuk. Sebagian orang percaya bahwa kemampuan seseorang semata-mata merupakan talenta atau bakat seseorang sejak lahir yang tidak bisa ditiru atau dipelajari. Tapi dengan hipnotis berbagai teknik dan trik yang dulu hanya dikuasai secara alamiah oleh mereka yang terlahir sebagai seorang super dapat dipelajari dan dikuasai oleh siapapun juga. “Percayalah apa yang bisa dilakukan orang lain, kita juga bisa melakukannya. Jika orang lain bisa kaya raya, kenapa kita tidak,” tutur Yan.
Lebih jauh tentang hipnotis, menurut Yan pada dasarnya hipnotis adalah bagaimana cara kita menyampaikan keinginan pada lawan bicara. Untuk menghipnotis, seorang pelaku harus bisa berkomunikasi dengan baik, mempunyai penampilan yang meyakinkan dan percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Pelaku juga harus mengetahui waktu yang tepat kapan alam bawah sadar korban terbuka dan bisa disusupi.
Dalam kondisi tertentu, alam bawah sadar seseorang terbuka lebar, saat itulah ia bisa dihipnotis dengan mudah. Teknik jitu untuk membuka alam bawah sadar seseorang adalah dengan cara mengejutkannya. Sebab dalam keadaan terkejut, kerja otak seseorang akan sangat minim. Korban nampak terperanggah, melongo dan bisa mengikuti apa yang kita ucapkan.
Pada kejadian yang ekstrim, dalam keadaan terkejut itu pelaku bisa menyusupi alam bawah sadar dan memerintahkan apapun pada korban. Misalnya yang sering kita dengar adalah ketika pelaku kejahatan hipnotis minta harta benda korban. Dengan mudah pelaku bisa minta isi dompet, perhiasan, handphone dan sebagainya. Bahkan pelaku juga bisa memerintahkan korban untuk tidur, berjalan atau melakukan apapun sesuai dengan perintah pelaku hipnotis.
Pada aplikasinya di dunia bisnis, pelaku hipnotis juga bisa mempengaruhi atau menyusupi alam bawah sadar orang lain untuk kepentingan tertentu. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang negosiator, salesman atau publik relation sebuah perusahaan besar. Tehniknya sama seperti di atas, pelaku harus pandai bicara dan membuat lawannya terkejut. Saat terkejut itulah alam bawah sadar seseorang terbuka lebar dan mudah dihipnotis.
Itulah sebabnya mengapa seorang pelaku bisnis cenderung membawa wanita cantik, seksi dengan sedikit dada atau paha yang terbuka saat melakukan negosiasi. Sebab pada saat nego berlangsung diharapkan konsentrasi lawan bicara tergoda, terganggu karena melihat dada atau paha terbuka. Celakanya ketika ia sadar tengah diperhatikan pemilik dada atau paha tersebut, orang akan terkejut dan langsung melihat mata si wanita cantik.
Tatapan mata itulah yang membahayakan, sebab ketika korban melihat mata wanita dalam kondisi terkejut, seluruh kerja otaknya berhenti di level bawah. Dan saat itulah pelaku bisa menghipnotis alam bawah sadar korban dan memprogram ulang isi kepala korban. Pelaku bisa menyisipkan kalimat sesuai keinginannya. Itulah mengapa banyak orang yang tidak bisa menolak permintaan orang lain jika melihat matanya. “Dalam hal ini bukan cantik atau seksi yang membuat orang tergiur, tapi daya tarik dibalik tatapan itulah yang membuat orang tak mampu menolak,” ungkap Yan.
Tapi diakui Yan, tidak semua orang bisa dihipnotis dengan mudah. Hanya 10 persen dari satu komunitas bisa dihipnotis dengan mudah, 5 persen biasa saja dan sisanya sulit dihipnotis. Ditemui di kantornya, Plaza Basmar, Jakarta Selatan, Yan menyampaikan tips agar terhindar dari kejahatan hipnotis. Jangan menatap mata pembicara terlalu lama, tetaplah fokus dan berpikir apa saja. Hindari mengikuti alur pembicaraan orang lain, kalau bisa ajak ia bicara sesuai keinginan kita.

30 Tanggapan to “HIPNOTIS ILMIAH DI DUNIA MISTIK”

  1. Fonly said

    Bagaimana cara menghipnotis ketika orang tersebut sudah terbuka alam bawah sadarnya?Berikan penjelasannya?

    Truz Bagaimana cara mengembalikan pikiran orang yg sudah kita hipnotis?

    • bintang said

      sama dengan yang lain, bagaimana caranya menghipnotis korban ketika dibawah alam sadar dan bagaimana cara membangunkannya.

  2. Mystys said

    Ketika sudah masuk kealam bawah sadar, berikan perintah2 yg anda inginkan kepadanya dan secara berulang-ulang.
    Setelah selesai memberikan perintah, untuk mengembalikan kesadarannya bisa anda tepukkan tangan anda atau tepuk orang tersebut.

  3. arnol said

    untuk self hypnosis, bagaimana caranya untuk memasuki alam bawah sadar atau pada kondisi alpha (kalau gak salah ya?).

  4. Fonly said

    Bagaimana teknik-teknik untuk menghimpotis seseorang?Atau metode-metode apa yg bisa membuat seseorang itu bisa mengikuti perintah kita?

  5. Fonly said

    Aq juga ingin bertanya?

    Sebenarnya teknik-teknik yg paling jitu apakah yg cepat skali membuat orang terhipnotis dengan mudahnya?Beri penjelasannya?

    Apa bisa kita menghipnotis seseorang hanya dengan melihat matanya saja?Dalam jarak yg jauh?

    Tolöng berikan teknik-teknik agar bisa menghipnotis seseorang?
    (berikan penjelasannya se akurat mungkin)

  6. mystys said

    Untuk pertanyaan Anda, silahkan hubungi langsung:
    Dewa : 085921354291

  7. Fonly said

    Dewa?Namanya dewa?Tinggal dimana?Temanmu yach?Umur nya brapa?Apa dia ahli hipnotis?Takutnya kalau aq hub dia,dia lgi sibuk…

  8. Mystys said

    Dia teman, dari temanku namanya ridwan (iwan bekerja di Majalah Misteri). Anda bisa juga menanyakan langsung ke ridwan (iwan)

  9. Fonly said

    Dia punya blog nda?
    Cuma bekerja di majalah misteri??
    Hehe..Ngga bisa hipnotis donk??

  10. mystys said

    Yg bisa hipnotis itu si Dewa

  11. Rian said

    Buat para pembaca coba hipnotis teman anda dengan memberi sugesti, mis. perintah untuk tidur dsb. Saya yakin teman anda langsung memukul anda. Kenapa …. karena pasti tidak akan terjadi apa-apa. Hipnotis memang mudah, teori. Prakteknya susah minta ampun. apalagi cuma baca scrip. Wah … payah. AKu aja nggak bisa-bisa. sampai akhirnya salah satu teman kasih tau bahwa daya sugestinya dulu yang dilatih…caranya tanya para master hipnotis dech.

  12. stive said

    di mna sy hrs mencari orang yg bsa hipnotis?

  13. oky said

    hipnotis itu bukan perkara mudah, namun banyak orang yang mampu menghipnotis justru malah menyalah gunakannya.
    perlu di ketahui ilmu goib itu bukan sesuatu yang dapat di permainkan dan untuk gaya gaya’an, kebetulan saya anak salah seorang spiritualis di tangerang (tidak bermaksud apa2).
    saya hanya ingin menghimbau pada teman2 yang merasa mampu menuturkan ilmu hipnotis, janganlah hanya demi sedikit rupiah kita mau menuturkan ilmu itu pada orang lain tanpa memikirkan dampak apa yang akan terjadi di kemudian hari.

    (terima kasih).

  14. susan said

    asik

  15. susan said

    caranya gamana?kok cm pembahasan aja?caranya gmana?

  16. Myabi said

    harus bisa dibedakan dulu mana yang disebut hypnosis, mana yg dsb gendam. Na hypnosis itu tanpa mantera, khodam dsb. Lain daripada itu disebut Gendam !!!

  17. msamuti said

    hipnotis adalah merupakan cara mempengaruhi lewat mata, pikiran atau suara bahakan tepukan dan biasanya orang sedang cape atau melamun yang paling gampang di hipnotis, kunci hipnotis ada di diri kita, sugesti yang kuat dan ini butuh latihan secara rutin…, tips tuk menghindari hipnotis adalah dengan cara pertajam akal kita yaitu logika kita harus sejalan dengan hati…

  18. MR. PANKGOJAB SPD said

    cbk gua mau ntng romi rafael untuk mengadu ilmu hipnoti….s…!!!

  19. kapiojang said

    hipnotis sebenarnya apaansi? ipnotis itu minuman apa makana atau nama bin………atang

  20. afan mulifardian said

    apakah anda mau ajari saya caranya..?ataukah mahal mempelajari ini semua?saya ter tarik dgn hipno sejak saya ber umur 20 thn dan ketika teman dekat saya terganggu jiwanya atau gila..saya berfikir mungkin hinotherapi bisa mengobati..kalau memang mystys bersedia kemana bisa saya hubungi?

  21. dudung said

    anak saya agak sulit bicara (agak gagap) padahal sangat cerdas (kls 1 s/d kls 4 rangking trs), ada yg bisa bantu cara hipno therapynya? supaya alam bawah sadarnya dapat lbh buat dia PD dan yakin akan dirinya. trmkasih

  22. Gun said

    sama Pak Dudung, anak saya pun gagap, sdh dibawa ke klinik hipnoterapy di Bandung dgn tarif yg mahal 850.000 rp, yg katanya 1 kali pertemuan 5,5 jam sembuh, nyatanya sampai sekarang belum sembuh, saya sampai stress, ADAKAH YG BISA BANTU?

  23. Barrack said

    Saya mau hipnotis diri saya sendiri , untuk mengobati otot dr kepala ke pundak saya yg suka sakit , bagaimana caranya ?? apa perlu buat diri aku terkejut , terus tatap mata saya di kaca , terus perintahkan biar otot saya tidak lagi tegang … BAgaimana ??

  24. yudi said

    saya kepingin banget bisa menghipnotis diri saya atau orang lain yang membutuhkan bantuan dari saya

  25. mromi said

    xixixi

  26. mromi said

    kalo ngehipnotis diri sendiri terus ga bisa balikin… gimana hayoo?
    jadi setengah linglung kali yaa..???😀

  27. harry said

    bagaimana cara menghipnotis dIri sendiri? saya mohon penjelasannya,tolong kirim ke e-mail saya,terima kasih.

  28. Shofatara said

    Ada yg lbih mulia dan lbih bermanfaat.skaligus ijajah 12 kitab hikmah..hub.081912811447./http://www.shofatara.com

  29. ryansyah said

    gan q pngen tau dmana tmpt.a bsa blajar hipnotis d lampung….q pgen bgt hipnotis pcr q n pngen tau dy tue pcrn serius gx ma q….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: