Mistis’s Weblog

Duniaku & Dunia Lain

RAHASIA MENGUAK SIMBOL MIMPI

Posted by mystys pada Maret 13, 2008

OLEH: HARDI

Orang selalu bilang, mimpi bunga tidur. Namun, keberadaaan mimpi selalu mewarnai 1/3 hidup kita sepanjang hayat. Apa sesungguhnya makna simbolik sebuah mimpi…?

Bisa dibayangkan, jika setiap malam kita bermimpi, minimal dua kali dalam semalam, maka dalam 365 hari kita bermimpi tidak kurang dari 730 kali selama setahun. Ini artinya, begitu banyak bahasa bawah sadar yang berkomunikasi kepada kita. Entah itu berupa petunjuk, inspirasi, ide kreatif, obsesi atau bahkan firasat masa depan.
Sebuah mimpi ternyata lebih dari sekedar bunga tidur. Ini bisa dibuktikan dari kacamata psikologi bahwa ketika manusia tidur, bawah sadar kita aktif 100%. Proses pertumbuhan biologi tubuh, perkembangan mental dan bahkan spiritual, juga aktif disaat kita tidur. Dan khabar baiknya, lewat tidur tubuh melepas sejumlah zat kimia yang berguna untuk mempercepat proses pertumbuhan dan pemulihan kondisi badan. Bahkan, tidur juga bisa mengaktifkan antenna indera keenam kita hingga banyak menangkap banyak sinyal / gelombang dari alam semesta. Efeknya ? sejumlah mimpi-mimpi yang berbentuk simbol muncul dalam layar imajinasi kita.Apa saja yang dapat kita petik dari mimpi itu? sangat banyak. Terutama dan utama, mimpi bisa menjadi panduan menuju masa depan yang lebih baik. Freud, ilmuwan Psikologi Amerika mengungkapakn, sejumlah gambaran mimpi yang jika disusun dengan tepat akan menciptakan gambaran yang jelas tentang masa yang akan datang. Ini artinya, mimpi yang kita alami juga mengandung sejumlah petunjuk metafisika bagi pertumbuhan ruhani kita di masa mendatang.

MIMPI BUNGA TIDUR VS MIMPI GAMBARAN BATIN
Timbul pertanyaan, bagaimana cara membedakan antara mimpi bunga tidur dengan mimpi yang berbentuk firasat? Dalam artikel ini kita akan membedah karakteristik berbagai model mimpi yang pasti sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.
Sebenarnya, membedakan antara mimpi firasat dengan mimpi bunga tidur gampang-gampang susah. Kenapa? Karena ketidakmampuan rasio dalam menangkap kesan bahasa bawah sadar akibat lemahnya energi memori. Tentu saja ini sangat masuk akal, karena disaat tidur, rasio / pikiran sadar kita dalam posisi nol, hingga energi nyaris tidak ada. Mimpi yang dihasilkan oleh desakan bawah sadar adalah proyeksi dari tiga masa yang bercampur menjadi satu kejadian, masa lalu, masa kini (emosi pikiran bawah sadar) dan masa depan.
Untuk membedakan mana mimpi palsu dan mana mimpi asli, caranya cukup mudah. Tangkap kesan terkuat saat mimpi itu muncul dan catatlah pada selembar kertas. Biasanya mimpi yang berbentuk firasat terjadi pada tengah malam, bukan menjelang pagi. Ketika mimpi itu sudah kita catat, terjemahkan dalam kondisi pikiran fresh, lihat korelasinya antara bentuk mimpi dengan watak simbol. Jika abstrak berarti itu mimpi asli, jika jelas dan beraturan itu mimpi palsu.
Mengapa mimpi asli justru abstrak dan berbentuk simbol-simbol? Sementara mimpi palsu berbentuk cerita? Ternyata jawabnya cukup sederhana. Mimpi yang asli justru terletak pada kemunculan simbol tersebut dan bukan kejelasan jalan cerita dari mimpi itu. Bukankah mimpi adalah serangkaian simbol batin yang terjadi secara tak teratur dan penuh keterkejutan?
Mungkin kita pernah bermimpi tentang perjalanan. Entah itu perjalanan menuju kampung halaman atau bahkan menuju bulan. Bentuk mimpi itu tak penting. Yang paling menentukan adalah bagaimana karakter mimpi itu tersusun. Tentang mimpi perjalanan, itu mimpi palsu alias bunga mimpi. Tak ada bahasa batin yang masuk, kecuali hanya obsesi kita saja. Mungkin kita sangat ingin pergi ke kampung halaman tapi belum tercapai. Karena keinginan itu sangat kuat, akhirnya bawah sadar mengambil alih hingga pengalaman pergi ke kampung bisa terwujud. Ini artinya, ada sistim keseimbangan tubuh yang memelihara agar kesadaran kita ini tetap terjamin.
Bagaimana dengan mimpi berbentuk simbol? Ini yang menarik. Kehadiran mimpi dalam tidur sering dibahas dalam forum ilmiah dan juga metafisika. Mimpi yang asli, jelas memberitahu kepada kita bahwa ada sesuatu di masa depan yang akan kita alami. Tentu saja informasi ini sangat menarik. Bagi mereka yang piawai menterjemahkan mimpi, mereka hobi memelihara buku harian mimpi, hingga hampir semua mimpinya dicatat dalam buku tersebut. Apa tujuannya? Tentu saja ingin mendapatkan gambaran utuh proyeksi masa depan mereka secara tepat. Bahkan ada beberapa sahabat penulis mengakui pentingnya memiliki buku mimpi. Selain sumber inspirasi, ide juga petunjuk gaib yang mash perlu dibedah oleh para ahli mimpi.

7 Tanggapan to “RAHASIA MENGUAK SIMBOL MIMPI”

  1. rulli said

    aku juga sering mimpi yang ternyata klo diamat-amati ada petunjuk atau maksud tertentu.

  2. FATA said

    saya setuju dengan artikel di atas, saya terbiasa menerjemahkan mimpi sejak saya masih kecil (usia SD hingga sekarang usia saya 29 tahun) Dulu semasa kecil saya punya kebiasaan belajar sambil mendengarkan musik begitu juga tidur bahkan saya sering terlelap ketika jam sudah menunjukkan pukul 02.00 atau bahkan lebih. Nah rumah orang tua saya bekas rumah Lurah jaman penjajahan sehingga ketika akan ada kabar kerabat eyang yang meninggal mimpi yang saya dapatkan adalah rumah tersebut diserang tentara belanda atau jepang dan saya yang sangat ketakutan tertembak.

    kejadian itu berulang dan berulang sampai sekarang.. dengan mimpi yang sama. dan semenjak ibu saya meninggal seringkali kedatangan beliau entah nyata atau tidak melalui mimpi sering mendatangkan kabar tentang keluarga saya (maaf saya tinggal terpisah dengan bapak dan adik) terakhir hal ini saya alami 2 minggu yang lalu.

    Jadi saya melihat artikel tentang indera ke enam baru kemarin malam sampai tidak tidur hingga pukul 03.00, dan baru ngeh ternyata gelombang suara itu mampu membangkitkan power bawah sadar.

  3. ra said

    saya sependapat dengan anda karena saya pernah mengalami mimpi yang dinamakan isyaratnya atau petunjuk yang akan terjadi namun saya bingung kenapa setiap x saya memberikan informasi itu kepada mrekan saya maka petunjuk itu akan batal atau tidak terjadi, namun ketika saya diam dan hanya saya pendam dan terus berfikir akan setiap mimpi itu entah mengapa itu terjadi….. wallahualam bissoib

  4. siti nurhalimah said

    sya mau tnya donk tentang mimpi sya. sya mimpi sya mmbrikan sajadah dan sarung kepada seorang laki-laki mimipi itu sudah 3 kli sya alami jdi sya mau tau maksud dari mimpi tesebut bales

  5. agrat said

    sewaktu saya anak-anak pernah bermimpi dikejar-kejar kakek dan nenek saya yang dari Bapak yang sudah meninggal.
    lalu kakek saya meletakkan kakinya di pundakku.

    apa artinya itu ya Pak/Bu?

    mohon jawabannya
    terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: