Mistis’s Weblog

Duniaku & Dunia Lain

MENURUT KITAB MAHABHARATA BUMI DIJAGA TUJUH DEWA

Posted by mystys pada Maret 13, 2008

Oleh : GOENAWAN WE

Angka tujuh (7), tampaknya memiliki nilai mistis tersendiri. Lihat saja, hari dalam satu minggu berjumlah tujuh. Keajaiban duniapun juga berjumlah tujuh. Langit pun disebutkan bershaf tujuh. Demikian pula bumi, juga bershaf tujuh.
Menurut Kitab Mahabharata, ketujuh shaf bumi tersebut masing-masing dijaga oleh dewa. Disebutkan, selain dewa keturunan Sang Hyang Nurrasa, ada juga dewa yang terjadi dari telur Mahadwipa (Hantiga Mahadwipa) yang pecah dan menjadi 10 dewa. Kesepuluh dewa inilah yang akhirnya menurunkan peran dan tokoh-tokoh penting dalam kehidupan.Sepuluh dewa dimaksud adalah Shang Hyang Brahmana, Pitamaha, Prajapati, Suraguru, Stanu, Ka, Manu, Pramesthi, Praceta dan Daksa.
Sementara itu, Shang Hyang Daksa mempunyai anak sebanyak 50 puteri, dan 13 diantaranya menjadi “bidadari” sehingga berhak mendapatkan sebutan “Bhathari”.
Ke-13 puteri yang berhak menyandang gelar Bhathari adalah Aditi, Diti, Danu, Kala, Danayu, Sihniki, Kroda, Prada, Wiswa, Kadru, Winata, Kapila, Winata, Kapila, dan Muni. Ke-13 bidadari ini semuanya diperisteri oleh Shang Hyang Bagavan Kasyapa yang berkedudukan di Khayangan Kasyapaloka.
Dari perkawinan ini Shang Hyang Bagavan Kasyapa menurunkan makhluk Arcapada berupa: manusia, jin, gandarwa, kera, raksasa dan raseksi, garuda, naga, serta binatang-binatang lain yang hidup di bumi.
Jauh sebelum bumi dihuni keturunan Shang Hyang Bagavan Kasyapa, disebutkan dalam Kitab Mahabharata telah ada 7 dewa yang menguasai bagian bumi, sebab bumi dipercaya bershaf Tujuh. Tiap Shaf ini ada penguasanya, yaitu:
1. Bhathari Pretiwi, penguasa Shaf (lapisan) pertama / Eka Pratala.
2. Bhathari Kusika, penguasa Shaf kedua / Dwi Pratala.
3. Bhathari Ganggang, penguasa lapisan ketiga / Tri Bantala.
4. Bhathari Sindula, menguasai Shaf keempat / Catur Pratala.
5. Bhathari Darampalan, penguasa Shaf kelima / Panca Pratala.
6. Bhathari Manikem, menguasai Shaf keenam / Bumi Kanem.
7. Bhathari Hanantaboga, penguasa Shaf tujuh / Sapta Pratala.
Merujuk sumber ini, gempa di Yogya yang terjadi Sabtu, 27 Mei 2006 silam dipercaya karena digerakkan oleh Bhathara Darampalan, penguasa lapisan bumi Shaf kelima (Panca Pratala), sebab kekuatan gempa menunjukkan angka 5,9 SR.

4 Tanggapan to “MENURUT KITAB MAHABHARATA BUMI DIJAGA TUJUH DEWA”

  1. soad said

    Dicky.aja berkata
    Desember 20, 2010 pada 7:18 pm

    Hormat kami buat saudara2 sekalian….

    Sehubungan dengan maraknya penipuan yang terjadi mengenai Uang Ghoib / Bank Ghoib, terpaksa kami harus mempublikasikan hal berikut ini yang bertujuan untuk membantu sesama dan tidak ada lagi korban2 penipuan seperti sebelumnya…

    Bagi saudara2 yang mempunyai masalah keuangan dan himpitan ekonomi atau hutang yang menumpuk, insya allah kami bisa membantu smua masalah anda tentunya dengan izin Allah SWT….semua tanpa mahar dan tumbal karena datangnya rezeki hanya dari Allah SWT dan hanya kepadaNya lah kita harus ber munajad memohon limpahan rezeki yang halal….Syarat2 yang harus saudara2 penuhi adalah:

    1. Harus mengakui bahwa tiada Tuhan selain Allah
    2. Sanggup melaksanakan Puasa selama 7 hari (Seperti puasa di bulan Ramadhan)
    3. Sanggup mendirikan Sholat malam ( Munajad di malam hari bagi non muslim )
    4. Sanggup bersedekah kepada orang2 yang membutuhkan (Yatim Piatu dan Fakir miskin)
    5. Harus menyisihkan sebagian hartanya untuk Zakat harta ( Zakat Mal )
    6. Harus Jujur dan betul2 dalam keadaan yang sedang terjepit
    7. Menyediakan Minyak Babus Rezeki

    Apabila smua hal diatas sudah ada pada anda, maka insya allah kami bersedia membantu hajad saudara2 sekalian. Permohonan serta niat saudara2 harus tulus dan ikhlas tanpa didasari oleh nafsu duniawi, karena kalau hanya didasari oleh nafsu duniawi insya Allah hal yang anda inginkan tidak akan terwujud dan usaha kami hanya akan menemui kesia-sian belaka….Dan sekali lagi dengan izin Allah kami bisa membantu saudara2 sekalian…
    untuk info hub. 0856 4917 7705/Email: ibrahimaditya29@yahoo.co.id
    Balas

    PENGUMUMAN
    APABILA ADA MEMBACA TULISAN DIATAS HJANGAN DIPERCAYA KARENA AQ DAN REKANQ DARI KALIMANTAN SUDAH DITIPU MENTAH-,MENTAH JADI DIHARAPKAN KAWAN-KAWAN BILA ADA MEMBACA TULISAN SEPERTI DIATAS TOLONG KOMENTARI PENIPUAN!!!!!!!

    • Soad said

      ASSALAMUALAIKUM.

      MAAFKAN AQ SUDAH MEMBUAT KOMENTAR SEPERTI DIATAS, TERNYATA IBRAHIM ADITYA MEMANG BENAR-BENAR PENOLONG BAGI HIDUPQ DAN KELUARGAQ.
      JADI DIHARAPKAN KAWAN-KAWAN BILA MEMBACA KOMENTAR SAYA YANG MENGATAKAN IBRAHIM ADITYA ADALAH PENIPU, AQ MINTA MAAF KARENA SUDAH FITNAH, DAN TOLONG SEMUANYA MEMBERI KOMENTAR POSITIF KEPADA BELIAU.

      WASSALAM.

  2. Soad said

    Apakah ada yang bisa membantu saya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: