Mistis’s Weblog

Duniaku & Dunia Lain

MENGUPAS KAROMAH AYAT KURSY (BAG. 2)

Posted by mystys pada November 14, 2008

Penulis : Idris Nawawi

Nah, sebelum membahas lebih jauh, Penulis akan bedarkan terlebih dahulu dasar-dasar yang ada pada karomah Ayat Kursy, sehingga dengan pemahaman yang cukup jelas ini anda tidak akan ragu untuk mengamalkannya.
Dalam pandangan ahli kebathinan, Ayat Kursy disebut-sebut pula dengan istilah Ummul Ilmi atau induknya ilmu. Sedangkan menurut Ahli Hikmah menyebut Ayat Kursy sebagai Ummul Mahabbah atau inudknya pengasihan. Sedangkan yang terakhir menurut ahli mistik kejawen, mereka menyebut Ayat Kursy dengan istilah Segoro Ilmu atau lautnya ilmu.Memang, dengan banyaknya manfaat yang terkandung dalam ayat Al kursy, maka tidak heran bila sejak zaman dahulu kala hingga sekarang ini para ahli kebathinan berlomba ingin mendapatkan intisari kekuatannya. Namun bagaimanapun juga, Ilmu Ayatul kursy tidak mudah kita peroleh dangan hanya mengamalkan atau sekedar membacanya. Ilmu Ayatul Kursy ini punya sanad muttasil atau garis silsilah turun temurun yang tetap dijaga, sehingga dengan kemuttasilannya, Ilmu Ayatul Kursy menjadi salah satu ilmu paling mustajabah di muka bumi.
Berikut Penulis akan beberkan sanad atau silsilah turun temurun amalan Ayat Kursy yang sampai sekarang masih dilestarikan sehingga akan ada manfaat dan karomahnya.
Pertama kali amalan ini tercetus dari baginda Rasulullah SAW, lalu Beliau mengijazahkannya pada Nabiyullah KHidir AS. Khidir mengijazahkannya kepada tiga orang Quthbul Mutlak, yakni Syeikh Abdul Qodir Al Jaelani, Syeikh Abil Qosim Al Bagdadi, dan Syeikh Abu Hasan Assyadzili.
Syeikh Abdul Qodir Al Jaelani mengijazahkan secara ruhaniyyah kepada Syeikh Syarief Hidayatulloh dan Mbah Kuwu Cakra Buana. Syeikh Syarif Hidayatulloh akhirnya mengijazahkan kepada putranya, Pangeran Cirebon.
Nah, dari sini silsilah amalan ini sempat putus dan baru ada setelah selang 154 tahun, yaitu dari Syeikh Abdul Baqir yang menerimanya lewat hawatif yang diberikan langsung oleh Sunan Gunung Jati Cirebon. Akhirnya, dari sinilah amalan ini turun temurun diijzahkan hingga sampai sekarang.
Penulis lanjutan lagi silsilah amalan Ayatul Kursy lewat Syeikh Abdul Baqir, dengan runutan sebagai berikut:
Syeikh Abdul Baqir-Syeihk Majegung Sekti-Syeikh Abdul Lathif-Kan’an bin Nawawi-Muhammad Suyuti- Ahmad Al Idrus-Kyai Bukhori-Kyai Martapada- kyai Jani Kusuma diningrat- Abah Thosin- Abah Inu- Abah Hud- Abah Ilyas-Kyai Burhan- Kyai Nawawi dan yang terakhir adalah Idris Nawawi (Penulis).
Namun, sebagai ta’dzim watahriman atau menghormati para ahlillah, Anda yang ingin melestarikan amalan ini tidak perlu semua pengijazah diatas dibaca, cukup memulai tawassul seperti berikut ini:
- Ila hadrotin nabiyyil musthofa rosulillahi SAW, Al Fatihah 1x.
- Tsumma ila hadroti ashabihi minal ambiya’i wal mursalin wa a khussu khossotan, ila hadrotin nabiyalloh ilal Abbasil Hidir Baliya bin Malkan As, waila hadroti syeikh Muhyiddin Abdul Qodir Al Jaelani Qoddasallohu sirrohuma wa ‘a’ada alaiya mimbarokatihima wakaromatihima wa ulumihima wamiddana bimada dadihima syaiun lillahi lahuma walahum Al Fatihah 3x.
- Tsumma ila hadroti syeikh Syarif Hidayatulloh, wambah Kuwu Cakra Buana, wakhodamus syarifah min ahli masjid agung Kesepuan Cirebon, Qoddasallohu sirrohuma wa ‘a’ada ‘alaiya mimbarokatihima wakaromatihima wa ulumihima wamiddana bimada dadihima syaiun lillahi lahum Al Fatihah 1x.
- Tsumma ila hadroti Abil Qosim Al Bagdadi, waila hadroti Abul Hasan Assyadili, wa Abul Abbas Al Jahri Baliya Bin malkan, waila hadroti syeikh Abdul Qodir Al Jaelani waila hadroti syeikh Syarif Hidayatulloh wambah Kuwu Cakara Buana, wa kyai Bukhori, syaiun lillahi lahum Al Fatihah 7x.
Setelah ini, baca ayat ursy dan sesudahnya berdoa seperti yang Penulis tulis sebelumnya.
Untuk pengamalan ayatul Kursy, paling baik dipuasai selama 41 hari dengan buka dan sahur bilaruhin (tidak makan yang bernyawa). Namun bila tidak kuat dalam melaksanakan puasa yang cukup lama ini, Anda bisa mengurangi puasanya dengan hitungan sebagai berikut: 41/ 31/ 21/ 17/ 11/ 9/ 7 hari. Terserah berapa hari yang Anda mampu dan inginkan. Disini tentunya kekuatan dari karomah yang ada akan bervariasi tergantung lamanya Anda berpuasa.
Tapi yang paling penting dan perlu diingat, berapapun lamanya Anda berpuasa, buka dan sahur harus dengan cara bilaruhin atau tidak makan yang bernyawa. Dan untuk bilangan ayatul Kursy yang harus Anda baca di setiap malam paling sempurna 333x. Tapi bila tidak kuat boleh dengan bilangan yang lebih rendah, yakni: 331x/ 221x/ 121x/ 77x.
Sedangkan doa yang harus dibaca, Anda boleh memilih banyak tidaknya tergantung dari keihlasan hati, yaitu boleh dibaca sebanyak 41x/ 31x/ 21x/ 11x.
Nah, sebagai kesempurnaan dalam melaksanakan ritual Ilmu Ayatul Kursy, amalanya ini harus selalu dibaca secara istikomah setiap pukul 23.00 atau lebih, sampai dengan selesainya puasa.
Bila anda sudah melakukan tirakat yang Penulis sebutkan tadi, Anda bisa buktikan langsung manfaatnya, terutama dalam hal pengasihan. Karena Penulis sendiri sejak tahun 1995 sudah digembleng oleh sang guru, yaitu diharuskan puasa Ilmu Ayatul Kursy selama 41 hari dan diulang sebanyak 3x = 123 hari. Namun sekali lagi Penulis katakan, bahwa kuat tidaknya ilmu ini tergantung dari lama tidaknya Anda berpuasa dan mengamalkannya.
Nah, bagi yang mengikuti puasa 41 hari serta mengamalkan paling banyak, coba buktikan sendiri. Hasilnya pasti luar biasa. Tanpa sadar kita akan bisa berhubungan langsung dengan para goib, bisa mengobati penyakit secara spontan, bisa meracik sarana pengasihan secara permanen, bisa mengisi gaman dan pusaka kapanpun kita mau, bisa mengambil pusaka tanpa harus gerak, dan yang paling mencengangkan dalam manfaat ilmu ini kita akan terus disukai lawan jenis di manapun kita berada.
Kini, semua tergantung para pengamal. Bila Anda sekalian mau mengikuti kesempurnaan dari tirakat yang sudah kami bedarkan di atas, maka Insya Allah hasilnya akan sangat bermanfaat.
Ilmu ini sangat langka dengan sanad atau silsilah lengkap yang keakuratannya masih sangat terjaga, baik dalam hal karomah maupun manfaat lainnya.
Sebagaimana kisah keberhasilan dari salah seorang tokoh pengijazah yang pernah dituliskan dalam biodatanya, yaitu sebuah sanjungan dari kidung Jawa yang dituliskan memakai huruf Arab. Tokoh dimaksud adalah Kyai Burhan, Godong, Demak Jateng (Alm). Dia banyak mengupas tentang kedahsyatan Ayatul Kursy, di antara salah satu tulisannya berbunyi demikian:
“ Ngerti ora ngerti kang pasti gerak ngelakoni, wujud ora ketoro yen ora ngumbeni ilmu, agung pisan ilmu ibu rugi kang akeh cangkem mlumah badan ora gerak. Sejatine ilmu agung kang dadi kedelok, sejatine ilmu wujud kang akeh nyoto keagungan, ora rugi ngumbe ilmu iki kang dadi akhir derajat mulyo ing dunya lan gon mati, ilmu kang kesifatan sempurnane alam, urip saking dadi lan mati saking males, godong ijo kang memantes ,kayu kuat kang dadi jogo, akar atos kang dadi pinguat, ora nana kang dadi sempurna kecuali neng jerone Ayatul Kursy, Ars kang dadi lambang paling duwur, saking keagungan kang maha agung.”
Kurang lebih artinya:
“Mengerti maupun tidak mengerti yang pasti kita harus bisa melaksanakan puasa dan tirakat ilmu Ayatul Kursy, karena bagaimanapun juga ilmu ini tidak akan bisa kita dirasakan apabila hanya berdiam diri, ilmu ini sangat agung sebagaimana ilmu bangsa uluhiyah/ raja, sesungguhnya sangat rugi bagi kita yang hanya mengumbar mulut tapi tidak mau melaksanakan arti tirakat, sejatinya ilmu agung pasti akan tampak segala karomah yang bisa kita perlihatkan secara nyata, sejatinya ilmu yang sangat mustajabah dengan segala keagungan yang bisa diwujudkan, sungguh tidak rugi memiliki ilmu ini dengan tirakat dan penebusan dari badan kita sendiri, sebab ilmu ini akan membawa derajat kita selamat dunya dan akherat, ilmu yang mempunyai sifat sempurna dari semua ilmu yang ada di alam buana, ilmu ini akan terus hidup kecuali bagi orang malas yang tidak mau melaksanakan penebusan puasa dan tirakat, ilmu yang menjadi kesempurnaan, ilmu yang menjadi tameng dari segala marabahaya, ilmu yang menjadi perisai paling kokoh dalam sanubari dan ruhaniyyah kita, karena sesungguhnya tidak ada yang sempurna kecuali karomah ayatul kursy, Ars yang menjadi nama dari ilmu ini dan Ars pula derajat tertinggi dari semua derajat, sesungguhnya ilmu ini sangat agung dari semua yang dianggap agung”
Dalam sejarah hidupnya, Kyai Burhan ini sangat terkenal sekali di kalangan sufi dan ahli taraket Jawa akan derajat kewaliyannya. Semasa hidupnya sang Kyai tidak pernah meninggalkan amalan Ayatul Kursy ini hingga akhir usia. Karena itulah almarhum diberi karomah oleh Allah SWT, lewat wasilah ilmu Ayatul Kursy hingga menjadi seorang yang memiliki kelebihan tinggi, diantaranya: Bisa menciptakan uang secara kontan, bisa merubah daun dan benda lainnya jadi emas, dan yang paling masyhur bisa mendatangkan batu merah delima dalam satu hari sebanyak 110 biji.
Disisi lain, sang Kyai juga terkenal dengan ketepatannya dalam berhitung, seperti saat dia menghitung jatuhnya dedaunan di seluruh wilayah Demak dalam kurun satu hari, waktu itu dengan 2004 personil yang dikerahkan untuk memungut daun yang jatuh sekaligus menghitungnya. Ternyata apa yang diucapkan oleh Kyai Burhan ini sangatlah tepat….
Kini terserah para Pembaca mau tidaknya menjalankan Ilmu Ayatul Kursy yang didalamnya sarat akan manfaat dan faedah. Bagi Anda yang bersungguh sungguh tentunya akan membawa suatu keberuntungan hidup yang lebih baik dikemudian hari. Semoga!

About these ads

181 Tanggapan to “MENGUPAS KAROMAH AYAT KURSY (BAG. 2)”

  1. Amrie berkata

    Saya berminat mempelajari ilmu ini. Kalau sudi mengajarkan saya, mohon menghantar email pada saya di amrsod@gmail.com untuk salam perkenalan. Sebenarnya saya sudahpun mengamalkan ilmu ini tetapi mungkin belum mantap dan perlu tunjuk ajar dari orang yang lebih berpengalaman seperti saudari/ri. Saya amat-amat berharap saudara/ri dapat menghubungi saya. Assalammualaikum warahmatullah hiwabarakatu.

    • Rully berkata

      ass…mohon izin dan doa restunya untuk mengamalkan ayat kursy semoga menjadi berkah dan amal ibadah yang tiada putusnya dan dapat mewujudkan cita-cita saya,untuk bisa dapat rijki yang lebih,sehinnga keinginan yang ada dalam diri untuk bisa memberangkatkan kedua orang tua menjalani ibadah haji.wass

    • Giyant berkata

      Ass.Ilmu yang sangat dahsyat dan bermanfaat bagi seluruh hamba Allah,kesabaran dan ketekunan dalam pengamalan keseharian akan memudahkan kita mendalami ajaran ini.Semoga apa yang kita cita citakan segera terkabulkan.Amiin.Wass

  2. R-Q berkata

    bagian 1 nya, bisa saya lihat dimana?
    Trim’s

  3. hina kelana berkata

    Wahh salah mampir…neeh, ini blognya ilmu hikmah yaaaa..ingat kalo belajar ilmu hikmah harus ada gurunya /yang mnegizasahkan, kalo ga hati2 yang masuk adalah jin,….maaf

  4. hari berkata

    mohon ijin utk mengamalkan.

  5. Taufiq berkata

    pak bagaimana bila saya mengamalkannya, bisakah nantinya saya manfaatkan untuk membantu orang lain, wassalam

  6. Dhiedan berkata

    Apakah kupasan ini sudah termasuk bagian dari pengijajahan buat pembaca?

  7. moh imron tarmudzi berkata

    ass…mohon izin dan doa restunya untuk mengamalkan ayat kursy semoga menjadi berkah dan amal ibadah yang tiada putusnya dan dapat bermanfaat untuk kejayaan umat islam.wass

  8. akhmad berkata

    Ass..mohon ijin juga untuk mengamalkannya..tapi biasanya kalo di wedar disini berarti itu sekaligus di Ijazahkan..iya kan mas Idris..?

  9. dani berkata

    ass…mohon izin dan doa restunya untuk mengamalkan ayat kursy semoga menjadi berkah dan amal ibadah yang tiada putusnya dan dapat bermanfaat untuk kejayaan umat islam.wass

  10. mas rizki berkata

    hehe…maaf menurut pemahaman saya, yang sedikit2 juga pernah mengetahui metode pengijazahan, harusnya pengijazahan karomah ayat kursy tersebut ada yang namanya :

    1. silsilah / metode secara turun-temurun
    2. ada saksi-saksinya / keluarga
    3. ada “buku besar” nya (spt buku silsilah keluarga kraton YK)

    dan maaf…hal diatas ini tidak sesuai logika pengijazahan saya. alurnya terbolak-balik. tidak masuk akal sehat saya. jadi, bila dilogika, waktu & alurnya tidak turun-temurun / tidak sesuai zaman /rancu, karena akan terbaca demikian:

    Muhammad SAW >> Khidir AS >> Syeikh Abdul Qodir Al Jaelani &, Syeikh Abil Qosim Al Bagdadi & Syeikh Abu Hasan Assyadzili >> Syeikh Syarief Hidayatulloh dan Mbah Kuwu Cakra Buana >> Syeikh Syarif Hidayatulloh >> anaknya / Pangeran Cirebon >> putus 154 tahun >> Syeikh Abdul Baqir yang menerimanya lewat hawatif yang diberikan langsung oleh Sunan Gunung Jati Cirebon.

    Pertanyaan yang menggelitik :
    1. Apakah mungkin Muhammad SAW (Nabi Penutup Akhir Zaman,
    mengijazahkan pada Khidir AS (“Nabi” yang hidup di zaman Musa
    AS) ??? Ibaratnya masa orang yang hidup di zaman reformasi bisa
    mengijazahkan pada orang yang hidup di zaman pra kemerdekaan
    ??? tanya kenapa ??? hehehe…
    2. setahu saya “Syeikh” Syarief Hidayatulloh adalah nama lain
    Sunan Gunung Jati Cirebon itu sendiri…
    3. Mbah Kuwu Cakra Buana ??? ini siapa lagi ??? tidak jelas…

    ada baiknya anda renungkan sejenak, bagi anda semua yang telah atau malah sedang ingin mengamalkan karomah ayat kursy tersebut.

    terimakasih & salam silaturahmi dari jogja (turut prihatin, karena sekarang ini banyak orang pada pengen belajar ilmu atau amalan, tapi tidak mau belajar logika, apalagi belajar sejarah terlebih dahulu)

    • Jamaludin Muhammad, Tuk Pancuran-Cirebon berkata

      untuk silsilah, ada baiknya Mas Rizki baca ulang kata demi kata. Di sana jelas, Syekh Syarif Hidayatullah menerima dari Syekh Abdil Qodir. Syekh Abdul Baqir menerima dari Syekh Syarif/Sunan Gunung Jati. Dan seterusnya….

      Ini bukan periwayatan Hadits yang menyaratkan diterima secara langsung dan tidak terputus. Tapi dalam hal ijazah tidaklah mustahil kalau pemberi dan penerima tidak bertemu secara lahiriyah. Apalagi mengingat maqom mereka sangat memungkinkan untuk melakukan itu semua….

      Orang zaman sekarang saja masih sangat mungkin bertemu dengan Nabi Khidir AS, apalagi di zaman Baginda Rasululah SAW. Adalah sangat mungkin seorang Sayyidul Ambiya’ Rasulullah SAW memberi ijazah kepada Nabi Khidir. Dan sangat mungkin seorang Nabi Khidir memberi ijazah kepada Waliyyullah Syekh Abdil Qodir Jailani.

      Mbah Kuwu Cakrabuana adaah Mbah Kuwu Cirebon, kakak kandung dari ibunda Sunan Gunung Jati Cirebon

      Saya pikir gak ada yang rancu dan lucu. dan memang kurang masuk logika karena ini dalam ranah “Khowaariqul ‘aadat” yakni hal2 yak tak biasa.

      Terima kasih atas keprihatinan Mas Rizki. Tapi saya lebih prihatin kepada Mas Rizki yang belum selesai menyelam tapi sudah merasa basah.

      Salam silaturahmi juga untuk orang Jogja dari Rakyat Sunan Gununng Jati Cirebon

      • mohimron berkata

        sengtuju, akur n tengkyu kang jamal atas balasan penjabaranya…mdh2n mas rizki selalu mendapatan hidayah biar gak melulu menuhankan logika yang sempit….lamun ora paham aja sok paham, lamun ora ngerti aja sok ngerti..sapa sing ora jelas sira bae, ora jelas..mbah kuwu cakrabuwana itu buyut gue tau….

      • duddy setiawan berkata

        pak mohon doa penutupnya ? setelah

    • the secret one berkata

      dialah allah swt yang maha ilmu.tak ada yang tak mungkin oleh allah untuk DIA kerjakan.kekuasaan allah tak bisa diukur dari logika manusia semata,karena bagi allah tak ada yang tidak mungkin. dan kekuasaan allah itu diluar nalar manusia biasa .”ALLAHU AKBAR!!!!!!!”

    • idris_nawawimisteri berkata

      Kami selaku Penulis, turut prihatin dengan pandangan Mas Rizki, yang menganggap dirinya benar namun keliru dalam pandangan. Mengulas tentang runtutan Tawassul, dalam Kitab afdolus solawat diterangkan. Kurun maupun zaman, bagi para Ahlulloh Wa ahlur Rosul, tidak jadi himpitan maupun perbedaan yang menyulitkan, karena mereka adalah para Auliaul Alamin, yang setiap detiknya diberi keluasan lepas oleh Allah SWt, dalam pandangan maupun Dhaukiah Hidup. jadi apaun mengenai makna tawassul yang tidak satu zaman, adalah sah dan taslim, bagi mereka para Ahli derajat. Untuk kurang puasnya buka kitab IQodzul Himam, hal 37

      • belahlontong berkata

        mohon maaf mass…
        sepertinya perlu diluruskan…
        jika dilihat dari runtutan silsilah diatas “rasul Muhammad > nabi khidir > dst….
        berarti ini dianggap nabi khidir msh hidup pd masa rasuslullah Muhammad SAW (bahkan ada yang blg msh hidup sampai saat ini). saya pun pernah membaca mas Idris Nawawi ini pernah bertemu dengan nabi khidir, saya bacanya di majalah Misteri.
        Sebaiknya berfikirlah dengan jernih.
        untuk urusan yg spt ini hrs ada sandarannya yg jelas.
        apa Anda tidak membaca surat Al Anbiya? Allah berfirman di dlm surat itu “Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad) , maka jika kamu mati, apakah mereka akan kekal ? (AL- ANBIYA ayat 34)”.

        renungilah ayat itu. ayat itu jelas sekali maksudnya. semua hadis yang berhubungan dengan nabi khidir dan kehidupannya tidak satupun yg berderajat shahih!! bahkan hasan pun tidak. anda harus memahami tingkatan hadis sodaraku.

        rasulullah bahkan sudah bersabda dalam hadis berikut:
        Imam Bukhari pernah ditanya, apakah Khidir dan Ilyas masih hidup di dunia? Beliau menjawab : “Bagaimana hal ini bisa terjadi? Sedang Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:
        “Tidak akan ada seorang pun yang masih hidup pada penghujung seratus tahun lagi di antara orang-orang yang hidup di muka bumi pada hari ini”(HR Asy Syaikhani)

        cz udah mlm bgd, segitu aja dlu paparan dari saya.

      • idris Nawawi berkata

        @Belah Lontong…Saya paham maksud dan tujuan anda,,,,,segala sesuatu di dunia terbagi menjadi 2 bagian. 1- Khusus buat ahlul Khos. 2- Khusus buat yang awam…Anda bicara tentang Al-Qur’an…yang menyatakan tidak satupun manusia yang hidup dengan kurun yang panjang…Yang jadi pertanyaan. Mengapa semua Wali beatnya langsung kepada Kanjeng Rosululloh SAW “Talaqqotul Wali ila Nabi” pahami dulu Al-Qur’an secara cermat dan jangan menelan bulat secara ijmalnya saja, namun harus dipahami secara tafsiri agar bisa memberikan pandangan luas, atau bisa buka Tafsir Al-Munir (Tafsir Al-Qur’an) nanti disitu baru bisa coment, apa sebab Nabiyulloh Hidir AS, disebut masih hidup? dan apa pula yang di sebut dengan Dhaukiyyah bagi ahli Arifun? silahkan buka ya mas?????????

      • salam berkata

        belah lontong lucu…. nasi uduk samain ama lontong…. ya ga nyambunglah… semog anda paham

    • Yansen berkata

      Ass… klk boleh saya tertawa…hhaaa…hhaa.. are u fani/kamu lucu mas rizki, kamu yg tidak paham tentang keilmuan tapi kamu ngomongi orang lah yg tidak paham,pakek bilang tau metode pengijasahan, jelas2 disitu di tulis sanatnya tpi anda bilang gk ada sanatnya, klk kamu mengetahui metode pengijasahan berarti kamu tau tentang keilmuan/hal goib/supranatural, tpi kamu tidak tau yg namanya abah kuwu cakra buana kan sangat lucu…!!! atau jangan2 anda dari golongan hitam yach..?? yg pahamnya hanya tokoh2 siluman, mangkanya kamu pakek wanti2..!! kepada yg akan mengmalkan AYAT KURSUH tsb, se andainya tidak terbukti toh mereka yg mengemalkanyakan dapat berkah/pahala dari ALLAH SWT, saya aja yg kepahaman tentang keilmuan/hal goibsupranatural masih seujung kuku, sudah tau nama besar abah kuwu,

      • Kun Si berkata

        Saya tidak pernah melihat periwayatan semacam ini dalam satu haditspun. Hanya Hadits dan Al-Quran yang saya pegang. Para sahabat pun tidak ada meriwayatkan membaca ayatul kursy dengan cara ribet semacam ini. Mohon Maaf klo saya salah

      • ibra berkata

        janganlah kalian mencari karomah,tpi carilah istiqomah karena karomah dtg dri nafsu kalian sedangkan istiqomah itu yg diinginkan allah…….

    • dedi berkata

      kasihan ya mas rizki….kurang memahami tentang “keimanan” harus banyak baca litelatur ttng agama islam tuh…biar tdk terlalu kosong hatinya……banyak di sirami “siraman Rohani”jgn banyak di sirami “siraman Rohana”…….yg namanya Nabi itu tidak akan mati (jasadnya mati ) tapi roh dan syafaatnya tetap ada hingga akhir jaman mas rizki.

    • muhammad mizan berkata

      mas riki jangan lupa bahwa nabi muhammad pernah melakukan isra miraj. dalam isra miraj nabi saw diajak melihat2 dari zaman nabi adam as sampe kiamat.

      • rudy berkata

        saya kira pertanyan mas rizki wajar karena dia blom mengetahui,,,dia msh mempergunakan logikanya, bagi temen2 yg udah faham ya ga perlu mencela beliau atau memvonis karena ketidak mengertiannya,,,
        buat penulis semoga Allah SWT memberikan balasan yg paling terbaik buat anda, amin,,,

    • zoel berkata

      ha..ha..ha..ha..ini dia orang yg gak sadar diri,bangga dgn kebodohannya,klu gak tahu apa2 ttg hal gaib jgn koment,perdalam dulu islamnya…

    • purnawarman berkata

      ENTE JANGAN SOK PINTAR EMANG ENTE SUDAH BISA APA BERANI NYALAHIN ORANG

  11. Agus Priyanto berkata

    mohon ijin untuk mengamalkan dan mohon ijin keikhlasan penulis untuk mengijasakan wirit ayat kursi ini untuk keluarga saya dan keturunan saya

  12. Agus Priyanto berkata

    untuk doa’nya bisa dikirmkan ke alamat e-mail saya unthok_win@yahoo.com

  13. Ki Kenthir Terakhir berkata

    Jangan Bingung Teman2

    Mbah Kuwu Cakra Buana = Yang Jualan Sate di Alun2 Demak tahun 1931

    Begitu cerita Cucu Mbah Kuwu Cakra Buana kepadaku

    Gitu aja kok Bingung ….

  14. Hendra Syahputra berkata

    Mas tolong kirimkan no hp nya. Ada yang mau saya tanyakan
    Alamat email saya hendys_bri@yahoo.com

  15. haris fahman berkata

    terima kasih atas informasinya

  16. widiawan berkata

    saya ingin sekali mengamalkan bisa nggak om

  17. Cisdiyanto berkata

    Assalamu alaikum mas Idris, saya minta ijazahnya utk mengamalkan ayat kursy ini. Utk tawasul dan doanya saya minta tulisan arabnya biar tdk salah baca dan mohon dikirim ke email saya suatusaatnanti@ymail.com. Trimakasih mas. Wassalamu alaikum.

  18. elhadiry berkata

    Wah jd kepingin mengamalkan jg nih, tp gak kuat lakunya. Andai ada yang instan yah, hehehe….

  19. Asri Martini berkata

    gmana cara mempelajari amalan tersbut
    apakh harus dgn gerakan
    dan apa saja saraty

  20. Wildan berkata

    AlhamdulilLah, Sangat Bagus dan cukup rinci, smoga berkah. Amiin

  21. suhendra berkata

    asslmuallaikum…saya mau mengamalkan amalan ini,tapi apa dengan mengikuti syariat yang dituliskan diatas tidak ada efek apapun nantinya karena tidak ada pembimbing yang mengawasi?kalau jawabannya tidak ada saya sangat berterima kasih karena telah mengenalkan saya pada ilmu in,tolong dijawab ya.terima kasih

    • idris_nawawimisteri berkata

      Kami telah mengijazahkan secara umum, silahkan lihat artikel pengijazahanku dari mulai karomah ayat kursy 1 hingga ke 4 bagian.

  22. Adhi Rahmat berkata

    Assalamu’alaikum wr wb,
    Mohon ijazah untuk mengamalkannya.

  23. Jamaludin Muhammad, Tuk Pancuran-Cirebon berkata

    Salam untuk Kang Idris Nawawi

  24. Hanafi berkata

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Mohon maaf sebelunya kang Idris Nawawi saya sangat tertarik dengan tulisan kang Idris mengenai Karomah Ayat Kursi,saya mohon bimbingannya dan kalau bisa tawasul dan do’anya pke bahasa arab biar gak salah dalam tajwidnya.apakah dengan tidak adanya pembimbing bisa untuk mencapai ilmu tersebut.Saya juga mohon kang Idris meng ijazahkan ilmu tersebut meski kita tak pernah berjabat tangan.semoga rahmat dan maghfirah Allah dilimpahkan pada kang Idris dan keluarga Amiin.

  25. Terima Kasih Kang Idris Nawawi atas tulisannya, saya sudah mengamalkannya, Masya Allah Karomahnya luar biasa, Allah Kabulkan Semua Hajat yang saya inginkan dan dibukakan pintu rizki dari jalan yang tidak disangka – sangka dan di duga – duga, dari yang sulit dan mustahil menjadi mungkin, plus kelebihan yang lain, tulisan Anda persis sama seperti yang saya dapatkan dalam mimpi langsung dari Sunan Gunung Jati Cirebon, semoga Allah Swt balas kebaikan anda dengan menyebarkan Ilmu Karomah ayat kursi dengan balasan yang berlimpat Ganda Amin.

    • Sigit berkata

      Testimoni Sdr luar biasa, diluar kebiasaan.
      Bisa diperjelas, tlg hp Sdr send ke sigit.bravo@gmail.com
      Qt ngobrol by phone. Matur suwun …

    • hary berkata

      Ass. Wr. Wb.,
      Salam kenal dan hormat buat Mas Ihwan. Ada yang mau saya tanyakan langsung mas, soalnya sampean sudah ‘nglakoni’ sendiri dan berhasil dengan memuaskan.
      1. Apa tidak ada efek-2 lain karena kita tidak langsung diijazahi oleh kang Idris Nawawi? Kebetulan sampean dapat tuntunan dari Sunan Gunung Jati Cirebon. Menurut sampean bagaimana bila saya juga ikut ‘nglakoni’?
      2. Bisa minta tolong tahapan-2nya mulai dari permulaan ‘nglakoni’ misalnya kita awali dengan shalat hajat/sunnah atau langsung kita wirid mulai jam 23.00. Pakai buhul ambar/wangi-2an juga? Puasa berapa hari dan jumlah wirid yang berapa?
      3. Sampean sendiri mestinya juga punya keinginan yang belum terwujud, kita utarakan dimana, setelah baca tawasul, wirid, doa dan di bagian terakhir?
      Begitu mas Ihwan pertanyaan-2 saya. Saya ikut merasakan kebahagiaan atas suksesnya sampean ‘nglakoni’ sampai saya ‘trenyuh’ mas. Kirim ke email saya mas: haryparwito@gmail.com. Matur suwun jawabannya, Gusti Allah sing mbales.
      Wass. Wr. Wb.

      • Salam Kenal Mas Hary

        1. Tidak ada mas, sebenarnya ayat kursi sendiri telah di Ijazahkan langsung kepada kita semua oleh Nabi Muhammad SAW, lihat sejarah Nabi Muhammad tentang turunnya Ayat Kursi, kenapa saya tidak mengikuti petunjuk yg datang dalam mimpi saya ketika saya bertemu dengan Sunan Gunung Jati didalam mimpi, karena saya sebelum mengamalkan sesuatu harus tahu dulu sumbernya benar atau tidak, jangan2x tipu daya Iblis semata, karena saya dah capek bertempur dengan Iblis Laknatullah, akhirnya setelah saya amalkan Ilmu karomah ayat kursi karena Allah bukan karena Ilmu barulah Iblis Laknatullah bertekuk lutut, sebelumnya ilmu Cirebon Banten telah saya amalkan hasilnya 2 kali KO saya dibuatnya, kalau mas mau mengamalkan silahkan aja, cuma pesan saya mengamalkannya karena Allah swt bukan karena Ilmu, bisa bahaya kalau salah Niat, tlg sms nama lengkap dan nama ayah ke saya, biar bisa saya pantau dan doa kan, alamat dan telpon saya bisa dilihat di http://netacom.blogspot.com

        2. Saya mulai dengan sholat hajat 4 rokaat jam 11 malam, rokaat 1 al Ikhlas 10 kali, rokaat 2 al Ikhlas 20 kali, rokaat 3 al Ikhlas 30 kali, rokaat 4 al Ikhlas 40 kali, saya tidak pakai buhur karena saat itu lagi bokek, puasa 20 hari, tepatnya 20 hari sebelum ramadan kemarin, tiap malam baca ayat kursi full sampai 333x bahkan pernah sampai 700x , saran saya kalau baru mengamalkan cukup sampai bilangan 133 x puasa 41 hari aja dah cukup dan gak makan yang bernyawa agar dapat lebih mengekang hawa nafsu dan syahwat.

        3. Selama mengamalkan saya gak pernah meminta sesuatu kepada Allah Swt, Allah maha tahu dan maha mendengar apa yang diinginkan hambanya walau hanya didalam hati, tetapi aneh bin ajaib pada hari ke 17 semua yang saya ingainkan selama puluhan tahun terwujud semua Subhanallah, malahan saya diberikan kunci ka’bah dan surga, tetapi semua saya tolak karena saya niatnya adalah ibadah karena Allah, hati2x pada saat mengamalkannya banyak sekali ujian dan godaannya terutama dari Iblis laknatullah yang akan menggagalkan niat kita oleh karena itu janganlah terjebak, kalau mas hary ada hajat sebaiknya setelah selesai membaca ayat kursi dan ditutup dengan Al fatihah 3x kalo kayak komputer Enter nya…..he..he..he..
        kalo gak di Enter gimana mo diterima…….

        Saya sudah turunkan Ilmu ini langsung ke teman2x saya, alhamdulillah semuanya sekarang sukses, saya masih keturunan dari Sunan Gunung Jati dari Raden Mas Pandji di Tangerang Banten.
        saya doa’kan semoga mas Hary sukses mengamalkannya dan Allah kabulkan semua hajat mas hary cuma pesan saya jika mas nanti sudah jadi orang sukses jangan lupa sama fakir miskin, janda2x miskin dan orang yang gak mampu bantu mereka supaya mereka sukses juga seperti mas hary Amin Ya Allah……

      • Maaf ada yang ketinggalan, jangan lupa sodaqoh karena Allah ke Masjid dan orang yg gak mampu se iklash dan se ridonya walupun hanya pakai beras di berikan ke Semut, insya Allah akan dibukankan Pintu Rizki dan Hajat dari jalan yg gak disangka2x dan di duga2x Amin…….kalau bisa setiap hari selama berpuasa.

      • Ceppy Cell berkata

        Assalamualaikum Wr.Wb.
        Sebelumnya salam kenal dari saya mas saya sangat berminat mengamalkan Ayatul Kursy namun sebagai orang awam saya tetap ingin mendapatkan bimbingan dan petunjuknya agar saya tidak salah dalam pelaksanaannya dan saya ingin anda bersedia membimbing dan memantau saya selama pelaksanaan riyadoh nanti, terimakasih semoga amal baik mas Ihwan mendapat balasan dari Alloh SWT amieen..

        Assalamulaikum Wr.Wb.

        Acep Gunawan

    • solihin berkata

      Assalammualaikum wr.wb.
      Salam kenal dari saya mas ihwan. Saya sangat tertarik dengan apa yg Mas telah jelaskan. Perkenankanlah saya untuk dapat dibantu dalam mengamalkan Ayatul-Kursy ini.
      Bagaimana cara yang terbaik untuk memulainya bagi yang sangat pemula seperti saya (belu pernah mempunyai guru spiritual)?

      Terima kasih sebelumnya

      Solihin

    • idris_nawawimisteri berkata

      Amin, kang? semoga selalu bermanfaat dikemudian hari

  26. Ari Septadi berkata

    mohon sekali doa yng disebutkan diemail kealamat saya

  27. Martoyo berkata

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Boss Idris Nawawi…mohon kirim email Boss ke saya dunk…terima kasih.

  28. fajar suteja berkata

    bung idris sy mau amalkan ayat kursi tp disitu gak disuruh puasa tp dawamkan setiap sholat fardhu,bisakan makasih

  29. falakhulhuda berkata

    saya harap maz, mau memeberi ijazah kpd saya,,
    sya beitu tertarik dengan amaLAn tersebut,,
    moga amalan ini menjadi bermanfaat didunia dan akhirat.amien..

  30. Abd Rahman berkata

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    salam kejauhan dari saya. saya harap mas memberikan ijazah kepada saya. semoaga amalan ini bermanafaat dunia dan akhirat.

    man791404@yahoo.com

  31. henri berkata

    mohon ijin jg u/ mngamalkn!

  32. iwan berkata

    assalamu’alaikum mas idris..
    sy mohon izin untuk mengamalkn ayatul kursy ini..agar bermanfaat untuk dunia dan akhirat saya.
    wassalamu’alaikum…

  33. Adi w berkata

    Mas, saya minta no hpnya ya, agar bisa langsung berkomunikasi.

  34. hendra berkata

    assalamu’alaikum…wr wb!slm knl dr sy hendra permana dr kuningan,thank’s ms idris atas penjabaran karomah ayat kursy,sy pngn mengamalkannya dan sy mhn mengijazahknnya,

  35. eko berkata

    salam kenal semuanya,saya tertarik dgn artikel karomah ayat kursi bag 2,mhon penjelasan kpd teman2 mengenai puasa bilaruhin mksudnya puasa tdk makan yg bernyawa,berarti boleh makan sayur2an atau bgmna? InsyAllah sya akan mlaksanakan puasa 41 hr hari sabtu tgl 28, mhon penjelasan dan balasan komentar sya semua kpd tmn2 yg sudah faham tntang puasa bila ruhin ini,trm kasih.

    • Salam Mas Eko
      betul sekali mas, saran saya sebaiknya mulai puasa dimulai dari Weton Mas Eko atau hari kelahiran, juga buat mas Hary kelupaan ngasih tau,tujuan puasa bilaruhin adalah agar kita lebih kuat menahan hawa nafsu dan syahwat sehingga tidak mudah batal dan tergoda kalau batal ulang lagi dari awal.

  36. agus triono berkata

    Saya ini orang yang termasuk gila dengan ilmu gaib tapi selalu gagal dalam mempelajarinya,..saya ingin mencoba mengamalkan ilmu ini semampu saya,mohon jika ada yang mengerti tata cara mengamalkan ilmu ini dan doanya dan mau berbagi mohon kirim ke alamat email saya ke : agustriono52@yahoo.co.id

  37. luddy berkata

    Assalamu’alaikum Wr. Wb…
    Saudaraku smua.. Untuk mengamalkan ayat al kursy, itu semua tergantung niat dan ketulusan hati kita untuk mengamalkan. Apakah kita berniat hanya ingin mendapat karomahnya atau Lillahi Ta’ala.. Niatkan semuanya dengan Lillahi Ta’ala agar penyampaian amalan ayat kursyi dapat sempurna dan amalkan dengan kesungguhan dan keikhlasan hati kita dan mintalah selalu ridho Allah SWT… Insya Allah, dengan ridho Allah semua dapat terwujud..
    Salam saya dari Bogor untuk saudaraku semua…

  38. Munir berkata

    Tlg krm saya doa serta urutan amalanya ,matur suwun gusti alloh sing mbales

  39. Eko semarang berkata

    mas ihwan suryana, nmr hp nya ko ga bisa di hubungi?? dan minta doa nya dari mas Idris Nawawi,skrg saya masih dalam tirakat ilmu ayatul kursi 41 hari,sungguh cobaannya sgt berat,kecuali klo kita mempunyai niat yg ikhlas krn 4JJI dan mengharap Ridho dariNya Insya 4JJI kita lulus menjalani tirakat ini,byk sekali kejadian2 yg diluar akal slm menjalani tirakat ini,tpi hati ini tambah tenang,badan ini rasanya ada yg melindungi(aura dingin+sejuk),tapi tetap tujuan kita yg utama adl 4JJI SWT semata,amiin.

    • Wa alaikum Salam Wr Wb
      Maaf mas eko kemarin semua HP saya ada sedikit gangguan teknis, biasa lah lagi nahan gempuran Goib dari luar Negeri dan kirim Pasukan Perang he..he..he…mas eko sekarang bisa hubungi saya di 0817 987 1802, 0813 86778703, 021 5528159, 021 95007646, 021 37027101 silahkan pilih nomor yang anda suka, Saya doa kan semoga sukses, kalo boleh tau dah masuk hari ke berapa, kalau saya lewat hari ke 10 semua Ghoib sakti datang jajal ilmu, termasuk Eyang Prabu Siliwangi dan para leluhur sepuh alhamdulillah semua dapat saya hadapi, aura Ilmu karomah Ayat kursi Berwarna biru, Aura saya pelangi / pancawarna dan berbentuk Rajawali Sakti kuning emas dengan kilauan warna pelangi jika dikirimkan, artinya Mas Eko Insya Allah telah di pagar oleh Aura Ilmu Karomah Ayat Kursi, dimana khodamnya adalah malaikat penjaga Arsy / Langit, dimana Iblis Akan tewas jiwa berani menyerang, pengikutnya Jin Islam Habsy Penjaga Ka’bah di Mekkah dan 7 Raja Jin Islam, jika pada saat mengamalkan ada suara aneh2x cuekin aja itu hanya godaan, jika ada Ghoib yg datang tanyakan dari mana dan bilang saya lagi ibadah kepada Allah swt lillahi taala tlg jangan mengganggu, kalau mau menyaksikan ya silahkan, kalau masih nekat gangguin, maka baca ayat kursy lalu pada kalimat Wala yauduhu Hifzuhuma wahuwal aliyul Azhim di ulang 7 kali sambil tahan nafas maka jadi Ajian Serat jiwa, kemudian arahkan ke ghoib yg datang, ulang2x sebanyak banyaknya, jika tidak hilang dan capek, berarti yg datang adalah para Wali Allah, saya pada hari ke 17 belas di datangi oleh ruh Walisongo, dan Syekh Abdul Qodir Jaelani, jika malam ketiduran kangsung dibangunkan oleh beliau, lalu mereka bertanya mau jadi Wali Allah saya jawab Tidak, saya mau jadi pengusaha sukses aja supaya bisa Zuhud di jalan Allah, jadi orang miskin gak enak, tangan selalu dibawah, sabda Nabi tangan di atas lebih baik daripada tangan yg dibawah, saya doa in semoga sukses, salam buat kiai Langitan……….amin Ya Allah………

      • Blog Baru Saya
        http://eyangprabusiliwangi.blogspot.com

      • ibnu berkata

        assalamialaikum ustadz….
        sebelumnya salam kenal ……saya tertarik dg apa yg ustadz tawarkan, bahwa ustadz bersedia membantu memantau pada siapa saja yg akan menjalani tirakat ayat kursi ini.dari sebelumnya saya g berani menjalankan puasa ini karena takut ada efek yg g kita inginkan, karena halini pernah terjadi pada kakakku sendiri samapai sekarang, tapi begitu baca dari pernyataan ustadz saya jadi yakin dan memberanikan diri.
        untuk itu saya mohon kepada ustadz ihwan untuk bersedia membagi ilmunya pada saya dg mengirimkan ke email saya ibnu_santri@yahoo.co.id selengkap2nya.
        sebelum dan sesudahnya saya haturkan banyak2 terima kasih moga bermanfaat dunia akhirat dan untuk ustadzihwan dapat balasan dari Allah SWT…Amin…

        wassalamualaikum warohmatullohiwabarokaatuh.

  40. ahmad fauzi berkata

    Assalamu`alaikum…..
    saya adalah seorang mahasiswa kedokteran.
    saya tertarik dengan amalan karomah ayat kursi yang anda jelaskan diatas….
    kebetulan saya punya ilmu karomah…yg saya peroleh dari kakak saya…yg salah satu tawassulnya ada nama syeikh syarif hidayatullah gunung jati cirebon…
    saya ingin memperdalam lagi ilmu karomah..dan jg ingin memiliki karomah ayat kursi di atas…
    tolong anda beri tahu bagaimana urutan dan tatacara penggunaannya selama mengamalkannya….terima kasih…wassalamu` alaikum wr.wb

  41. Mas Dadang berkata

    Maaf……
    mistik jawa bervariasi, namun inti ajaran ilmu jawa adalah tata laku baik dengan manusia maupun dengan tuhan. Saja penganut ajaran jawa, tetapi saya tidak menemukan karomah ayat kursy dalam ajaran tersebut. Yang saya tahu didalam ajaran jawa (untuk laku) hanya melalui japa mantra, meditasi, dan tirakat. Tidak pernah mengamalkan ayat (karena tidak punya ayat).

  42. ahmad fauzi berkata

    assalamu`alaikum…
    setelah saya baca lagi tentang pendapat atau tanggapan orang2…kok malah di buat debat…
    saya bingung,,sebenarnya mana yang benar…
    dan yg saya ingin tanyakan disini…apakah tidak berbahaya mengamalkan karomah ini..tanpa adanya seorang pembimbing…?
    tolong beri saya kyakinan…akan karomah ayatul kursi d atas..bpk nawawi…..tolong bpk balas di email saya sedative_46@yahoo.com. terima kasih…
    wassalamu`alaikum…

  43. Shodiq berkata

    Teman…
    Mintalah petunjuk dulu pada Pemilik Kerajaan dengan sholat istikharah..
    Kalau sudah dapat ijin dariNya. Insya Allah berhasil..

    Salam

  44. hamba Allah berkata

    ALLAHULAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYUL QAYYUMU LAA
    TA’ KHUDZUHUU SINATU WALAA NAUMUN, LAHUU MAA
    FISSAMAAWATI WAMAA FIL ARDHI MAN DZALLADZII
    YASFA’ U INDHAHUUILLAA BI- IDZNIHII YA’ LAMU MAA BAINA
    AIDIIHIM WAMAA KHALFAHUM WALAA YUHIITHUUNA BISYAI- IN
    MIN ’ILMIHII ILLA BIMAA SYAA-A WASI’A KURSIYYUHUS SAMAAWAATI
    WAL ARDHA WALAA YA-UUDHUHU HIFZHUHUMAA
    WA HUWAL ‘ALIYYUL ‘AZHIIM

    Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur.
    Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi.
    Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.
    Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka,
    mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.
    Kursi Allah meliputi langit dan bumi.
    Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya,
    dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Agung

    SURAH 2. AL BAQARAH (Ayat: 255)

    mengartikan dengan kekuasaan Kursi dalam ayat ini oleh sebagian mufassirin diartikan dengan ilmu Allah dan ada pula yang -Nya.

  45. hamba Allah berkata

    Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, sholawat dan salam buat Nabi terakhir jaman yang membawa peringatan bagi seluruh umat manusia, semoga selawat dan salam juga terlimpahkan buat keluarga dan para sahabat beliau, serta orang-orang yang tetap berpegang teguh dengan petunjuk mereka sampai hari kiamat.
    Terjemahan Hadits:
    “Dari Abu Hurairah radhiAllahu ‘anhu ia berkata: telah bersabda Rasulullah shalalahu ‘alaihi wa sallam: “Sesungguhnya Allah telah berfirman: Barangsiapa yang memusuhi Waliku maka sesungguhnya Aku telah menyatakan perang kepadanya, dan tidaklah seorang hambaKu mendekatkan diri kepadaKu dengan sesuatu ibadah yang lebih Aku cintai dari apa yang telah Aku wajibkan kepadanya, dan senantiasa seorang hambaKu mendekatkan diri kepadaKu dengan amalan-amalan sunnah hingga Aku mencintainya. Jika Aku mencintainya jadilah aku sebagai pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, dan sebagai penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, dan sebagai tangannya yang ia gunakan untuk berbuat, dan sebagai kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Dan jika ia meminta (sesuatu) kepadaKu pasti Aku akan memberinya, dan jika ia memohon perlindungan dariKu pasti Aku akan melindunginya”.

    Hadits ini dirawikan Imam Bukhary dalam kitab shahihnya, hadits no: 6137.

    Pengertian Wali secara etimologi berarti: dekat. Adapun secara terminologi menurut pengertian sebagian ulama ahlussunah, wali adalah orang yang beriman lagi bertakwa tetapi bukan nabi. Sebagian ulama lain berpendapat bahwa seluruh orang yang beriman lagi bertaqwa adalah disebut wali , dan wali Allah yang paling utama adalah para nabi, yang paling utama diantara para nabi adalah para rasul, yang paling utama diantara para rasul adalah Ulul ‘azmi, yang paling utama diantara Ulul ‘azmi adalah Nabi Muhammad shalAllahu ‘alaihi wa sallam. Maka para wali Allah tersebut memiliki perberbedaan dalam tingkat keimanan mereka, sebagaimana mereka memiliki tingkat yang berbeda pula dalam kedekatan Mereka dengan Allah.
    Maka dapat disimpulkan disini bahwa wali-wali Allah terbagi kepada dua golongan:
    Golongan Pertama: Assaabiquun Almuqarrabuun (barisan terdepan dari orang-orang yang dekat dengan Allah). Yaitu mereka yang melakukan hal-hal yang mandub (sunnah) serta menjauhi hal-hal yang makruh disamping melakukan hal-hal yang wajib. Sebagaimana lanjutan hadits: “Dan senantiasa seorang hambaKu mendekatkan diri kepadaKu dengan amalan-amalan sunnah hingga Aku mencintainya”.
    Golongan Kedua: Ashaabulyamiin (golongan kanan). Yaitu mereka hanya cukup dengan melaksanakan hal-hal yang wajib saja serta menjauhi hal-hal yang diharamkan, tanpa melakukan hal-hal yang mandub atau menjauhi hal-hal yang makruh.
    Sebagaimana yang disebutkan dalam potongan hadits di atas: “Dan tidaklah seorang hambaKu mendekatkan diri kepadaKu dengan sesuatu ibadah yang lebih Aku cintai dari apa yang telah Aku wajibkan kepadanya”.
    Kedua golongan ini disebutkan Allah dalan firman-Nya:
    “Adapun jika ia termasuk golongan yang dekat (kepada Allah). Maka dia memperoleh ketentraman dan rezki serta surga kenikmatan. Dan adapun jika ia termasuk golongan kanan. Maka keselamatan bagimu dari golongan kanan”. (Al Waaqi’ah: 88-91).
    Kemudian para wali itu terbagi pula menurut amalan dan perbuatan Mereka kepada dua bagian; wali Allah dan wali setan. Maka untuk membedakan diantara kedua jenis wali ini perlu kita melihat amalan seorang wali tersebut, bila amalannya benar menurut Al Quran dan Sunnah maka dia adalah wali Allah sebaliknya bila amalannya penuh dengan kesyirikan dan segala bentuk bid’ah maka dia adalah wali setan. Berikut kita akan rinci ciri-ciri dari kedua jenis wali tersebut.
    Ciri-Ciri Wali Allah
    Allah telah menyebutkan ciri para waliNya dalam firmannya, “Ingatlah; sesungguhnya para wali-wali Allah Mereka tidak merasa takut dan tidak pula merasa sedih. Yaitu orang-orang yang beriman lagi bertaqwa”. (Yunus: 62-63).
    Ciri pertama, beriman, artinya keimanan yang yang dimilikinya tidak dicampuri oleh berbagai bentuk kesyirikan. Keimanan tersebut tidak hanya sekedar pengakuan tetapi keimanan yang mengantarkan kepada bertakwa. Landasan keimanan yang pertama adalah Dua kalimat syahadat. Maka orang yang tidak mengucapkan dua kalimat syahadat atau melakukan hal-hal yang membatalkan kalimat tauhid tersebut adalah bukan wali Allah. Seperti menjadikan wali sebagai perantara dalam beribadah kepada Allah, atau menganggap bahwa hukum selain Islam adalah sama atau lebih baik dari hukum Islam. Atau berpendapat semua agama adalah benar. Atau berkeyakinan nabi Muhammad shalAllahu ‘alaihi wa sallam bukan nabi penutup, diantara nabi –nabi yang telah diutus terdahulu.
    Ciri kedua, bertaqwa, artinya ia melakukan apa yang diperintah Allah dan menjauhi apa yang dilarang Allah. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits ini yaitu melakukan hal-hal yang diwajibkan agama, ditambah lagi dengan amalan-amalan sunnah. Maka oleh sebab itu kalau ada orang yang mengaku sebagai wali, tapi ia meninggalkan beramal kepada Allah maka ia termasuk pada jenis wali yang kedua yaitu wali setan. Atau melakukan ibadah-ibadah yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya. Baik dalam bentuk shalat maupun zikir, dll.
    Ciri-Ciri Wali Setan
    Adapun ciri wali setan adalah orang yang mengikuti kemauan syetan, mulai dari melakukan syirik dan bid’ah sampai bebagai bentuk kemaksiatan. Diantaranya adalah apa yang disebutkan dalam hadits ini yaitu memusuhi wali-wali Allah. Banyak cara setan dalam menyesatkan wali-walinya diantaranya adalah bila ada orang yang melarang berdo’a atau meminta dikuburan wali, syetan langsung membisikan kepadanya bahwa orang ini tidak menghormati wali.
    Sebagaimana Allah terangkan dalam firmanNya bahwa setan juga memberikan wahyu kepada para wali-wali mereka:
    “Sesunguhnya setan-setan itu mewahyukankan kepada wali-wali Mereka untuk membantahmu, jika kamu mentaati Mereka sesungguhnya kamu termasuk menjadi orang-orang musyrikin”. (Al An’aam: 121).
    Sesungguhnya menghormati wali bukanlah, bertawasul padanya agar dikabulkan sebuah hajat (permintaan) pada Allah swt. Justru ini adalah perbuatan yang dibenci wali itu sendiri karena telah menyekutukannya dengan Allah. Manakah yang lebih tinggi kehormatan seorang wali disisi Allah dengan kehormatan seorang nabi? Jelas nabi lebih tinggi. Jangankan meminta kepada wali kepada nabi sekalipun tidak boleh bertawasul. Apalagi seseorang telah tiada (wafat). Kalau hal itu benar tentulah para sahabat akan berbondong-bondong kekuburan nabi shalAllahu ‘alaihi wa sallam saat Mereka kekeringan atau kelaparan atau saat diserang oleh musuh. Tapi kenyataan justru sebaliknya, saat paceklik terjadi di Madinah, Umar bin Khatab mengajak kaum muslimin melakukan shalat istikharah kemudian bertawasul (meminta) pada Abbas bin Abdul Muthalib berdoa, karena kedekatannya dengan nabi, bukannya Umar bertawasul (meminta) kepada Nabi shalAllahu ‘alaihi wa sallam. Karena kehidupan beliau di alam barzah tidak bisa disamakan dengan kehidupan di alam dunia.
    Kemudian bentuk lain dari cara setan dalam menyesatkan wali-walinya adalah dengan memotivasi seseorang melakukan amalan-amalan bid’ah, sebagai contoh kisah yang amat mashur yaitu kisah Sunan Kalijaga, kita tidak mengetahui apakah itu benar dilakukan beliau atau kisah yang didustakan atas nama beliau, namun kita tidak mengikari kalau memang beliau seorang wali, yang kita cermati adalah kisah kewalian beliau yang jauh dari tuntunan sunnah, yaitu beliau bersemedi selama empat puluh hari di tepi sebuah sungai kemudian di akhir persemedian beliau mendapatkan karomah. Kejanggalan pertama dari kisah ini adalah bagaimana beliau melakukan shalat, kalau beliau shalat berarti telah meninggalkan shalat berjama’ah dan shalat jum’at? adakah petunjuk dari Rasulullah untuk mencari karomah dengan persemedian seperti ini? Dengan meninggalkan shalat atau meninggalkan shalat berjamaah dan shalat jum’at.
    Banyak orang berasumsi bila seseorang memiliki atau dapat melakukan hal-hal yang luar biasa dianggap sebagai wali. Padahal belum tentu, boleh jadi itu adalah tipuan atau sihir, atas bantuan setan dan jin setelah ia melakukan apa yang diminta oleh jin dan setan tersebut. Seperti ada orang yang bisa terbang atau berjalan diatas air atau tahan pedang atau bisa memberi tahu tentang sesuatu yang hilang, oleh sebab itu yang perlu dicermati dari setiap orang memiliki hal-hal yang serupa adalah bagaimana amalanya apakah amalanya sehari-hari menurut sunnah atau tidak? sebagaimana dikatakan Imam Syafi’i:
    “Bila kamu melihat seseorang berjalan di atas air atau terbang di udara maka ukurlah amalannya dengan sunnah”.
    Karena setan bisa membawa seseorang untuk terbang, atau memberitahu para walinya sesuatu yang tidak dilihat oleh orang lain. Sebagaimana Dajjal yang akan datang diakhir zaman memiliki kekuatan yang luar biasa. Begitu pula para kaum musyrikin dapat mendengar suara dari berhala yang mereka sembah, pada hal itu adalah suara syetan. Dan banyak sekali kejadian yang luar biasa dimiliki oleh orang-orang yang sesat begitu pula orang yang murtad dsb. Yang kesemuanya adalah atas tipuan setan.
    “Maukah kamu Aku beritakan kepada siapa turunnya para setan? Mereka turun kepada setiap pendusta yang banyak dosa! “. (Asy Syu’araa: 221-222). Dan yang lain membaca firman Allah, “Dan sesungguhnya para setan itu mewahyukan kepada wali-wali Mereka untuk membantahmu”. (Al An’aam: 121).
    Oleh sebab itu bila seseorang mendapat ilham dia tidak boleh langsung percaya sampai ia mengukur kebenarannya dengan Al Qur’an dan Sunnah. Karena nabi shalAllahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan dalam sebuah hadits: “Sesungguhnya dalam diri anak Adam terdapat bisikan dari setan dan bisikan dari malaikat”. (HR. At Tirmizy no: 2988).
    Berkata Abu Sulaiman Ad Daraany: “Boleh jadi terbetik di hatiku apa yang terbetik di hati Mereka (orang-orang sufi) maka aku tidak menerimanya kecuali dengan dua saksi dari kitab dan sunnah”.
    Beberapa kesalahpahaman tentang kewalian yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yaitu:
    1- Berasumsi bahwa seorang wali itu Maksum (terbebas) dari segala kesalahan, sehingga mereka menerima segala apa yang dikatakan wali.
    Banyak orang memahami bahwa seseorang tidak akan pernah sampai kepada puncak kewalian kecuali ia (maksum) terbebas dari segala kesalahan, hal ini sangat menjauhi kebenaran yang terdapat dalam Islam. Sesungguhnya para ulama telah sepakat tiada yang maksum dari umat manusia kecuali para nabi dan rasul dalam hal menyampai wahyu yang mereka terima.
    Nabi kita shalAllahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Setiap anak adam adalah pasti bersalah, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah yang mau bertaubat”. (HR. At Tirmizy no: 2499).
    Pemahaman seperti ini telah menyeret banyak orang kedalam kesesatan, dan lebih sesat lagi ada yang berpendapat bahwa wali lebih tinggi derajatnya dari nabi sebagaimana pandangan orang-orang rafidhah (syi’ah) dan sebagian dari orang-orang sufi. Oleh sebab itu kebanyakan Mereka mengkultuskan sang kiyai atau sang guru dan membenarkan kesesatan yang dilakukan oleh sang kiyai atau sang guru sekalipun perbuatan tersebut nyata-nyata melanggar Al Quran dan Sunnah.
    Bahkan dikisahkan bila seorang murid melihat sang guru minum khamar, maka sebenarnya ia minum susu, tapi yang salah adalah penglihatan sang murid karena matanya berlumuran dosa, begitulah orang-orang sufi melakukan dokrin dalam menyebarkan kesesatan mereka.
    2. Berasumsi bahwa seorang wali itu mesti memiliki karomah (kekuatan luar bisa).
    Bentuk kedua dari kesalah pahaman dalam masalah perwalian adalah berasumsi bahwa Mereka mesti memiliki karomah yang nyata bahkan bisa dipertontonkan kepada khalayak ramai. Seperti tahan pedang dan sebagainya. Tapi sebetulnya itu semua adalah tipuan setan. Seorang wali boleh jadi ia diberi karomah yang nyata boleh jadi tidak, tapi karomah yang paling besar disisi wali adalah istiqomah dalam menjalankan ajaran agama, bukan berarti kita mengingkari adanya karomah tapi yang kita ingkari adalah asumsi banyak orang bila ia tidak memiliki karomah berarti ia bukan wali. Oleh sebab itu Abu ‘Ali Al Jurjaany berpesan: “Jadilah engkau penuntut istiqomah bukan penuntut karomah, sesungguhnya dirimu lebih condong untuk mencari karomah, danTuhanmu menuntut darimu istiqomah”.
    Betapa banyaknya para sahabat yang merupakan orang terdepan dalam barisan para wali tidak memiliki karomah. Begitu pula Rasulullah shalAllahu ‘alaihi wa sallam sebagai hamba yang paling mulia disisi Allah waktu berhijrah beliau mengendarai unta bukan mengendarai angin, begitu pula dalam perperangan beliau memakai baju besi bahkan pernah cedera pada waktu perang uhud. Karomah bukan sebagai syarat mutlak bagi seorang wali. Karomah diberikan Allah kepada seseorang boleh jadi sebagai cobaan dan ujian baginya, atau untuk menambah keyakinannya kepada ajaran Allah, atau pertolongan dari Allah terhadap orang tersebut dalam kesulitan. Para ulama menyebutkan seseorang yang tidak butuh kepada karomah lebih baik dari orang yang butuh kepada karomah. Bahkan kebanyakan para ulama salaf bila Mereka mendapat karomah justru Mereka bersedih dan tidak merasa bangga karena mereka takut bila hal tersebut adalah istidraaj (tipuan). Begitu pula mereka takut bila di akhirat kelak tidak lagi menerima balasan amalan mereka setelah mereka menerima waktu didunia dalam bentuk karomah. Begitu pula bila mereka di beri karomah, mereka justru menyembunyikannya bukan memamerkannya atau berbagga diri dihadapan orang lain.
    3. Berasumsi bahwa seorang wali dapat mengetahui hal-hal yang ghaib.
    Bentuk kesalahpahaman ketiga dalam masalah perwalian adalah berasumsi bahwa Mereka dapat mengetahui hal-hal yang ghaib. Asumsi ini sangat bertolak belakang dengan firman Allah, “Di sisiNya (Allah) segala kunci-kunci yang ghaib, tiada yang dapat mengetahuinya kecuali Dia (Allah)”. (Al An’aam: 59).
    Dan firman Allah, “Katakanlah”: tiada seorangpun di langait maupun di bumi yang dapat mengetahui hal yang ghaib kecuali Allah”. (An Naml: 65).
    Termasuk para nabi dan rasul sekalipun tidak dapat mengetahui hal yang ghaib kecuali sebatas apa yang diwahyukan Allah kepada mereka. Sebagaimana firman Allah kepada Nabi kita shalAllahu ‘alaihi wa sallam, “Katakanlah: Aku tidak mengatakan kepada kalian bahwa disisiku gudang-gudang rezki Allah, dan akupun tidak mengetahui hal yang ghaib”. (Al An’aam: 50). Dan firman Allah: “Katakanlah: aku tidak memiliki untuk diriku manfaat dan tidak pula (menolak) mudharat, dan jika seandainya aku mengetahui hal yang ghaib tentulah aku akan (memperoleh) kebaikan yang amat banyak dan tidak akan pernah ditimpa kejelekkan”. (Al A’raaf: 188).
    Asumsi sesat ini telah menjerumuskan banyak manusia kejalan kesyirikan, sehingga Mereka lebih merasa takut kepada wali dari pada takut kepada Allah, atau meminta dan berdo’a kepada wali yang sudah mati yang Mereka sebut dengan tawassul. Yang pada hakikatnya adalah kesyirikan semata. Karena meminta kepada makhluk adalah syirik. Tidak ada bedanya dengan kesyirikan yang dilakukan oleh kaum Nuh ‘alaihi salam. Dan orang-orang kafir Quraisy pada zaman jahiliyah. Dengan argumentasi yang sama bahwa Mereka para wali itu orang suci yang akan menyampaikan doa Mereka pada Allah. Hal inilah yang dilakukan kaum musyrikin sebagaimana yang disebutkan Allah dalam firmannya: “Ingatlah milik Allah-lah agama yang suci (dari syirik), dan orang-orang mengambil wali (pelindung) selain Allah berkata: kami tidak menyembah Mereka melainkan supaya Mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya”. (Az Zumar: 3). “Ya Alloh tujukilah kami Jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepada mereka. Bukan jalan orang-orang yang engkau marahi dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat”. (Al Fatihah: 6-7).
    Dan jika ia meminta (sesuatu) kepadaKu pasti Aku akan memberinya, dan jika ia memohon perlindungan dariKu pasti Aku akan melindunginya”.
    Hadits ini dirawikan Imam Bukhary dalam kitab shahihnya, hadits no: 6137.
    Dari potongan yang terakhir dari hadits ini bahwa para wali itu hanya berdoa dan memohon perlindungan hanya kepada Allah. Bukan kepada para wali, begitu pula wali yang mendapat kedudukan yang terhormat disisi Allah bukanlah tempat untuk meminta kebaikan atau untuk sebagai tempat memohon perlindungan dari mara bahaya. Sebagaimana yang banyak dilakukan oleh orang-orang awam yang tertipu oleh kewalian seseorang, sehingga telah menyeret mereka berbuat syirik kepada Allah. Sekalipun wali namun ia tetap tidak bisa mendatangkan kebaikan maupun menolak keburukan dari dirinya sendiri kecuali atas pemberian Allah kepadanya. Juga wali bukan sebagai tempat perantara kepada Allah dalam berdoa, karena bila menjadikan mereka sebagai tempat perantara berarti telah menyekutukan mereka dengan Allah. Sebagaimana kebiasaan umat nabi Nuh ‘alaihissalam yang telah menjadikan orang-orang sholeh mereka sebagai tempat perantara dalam berdoa kepada Allah.

    Akhir hadits ini juga menerangkan keutamaan wali Allah, bahwa Allah selalu mencurahkan rahmat dan kebaikan kepada orang tersebut serta selalu menjaganya dari berbagai bahaya dan bencana. Lalu mungkin akan timbul suatu pertanyaan dalam benak kita kenapa kita melihat kadangkala para wali Allah itu juga ditimpa kejelekkan dan penyakit seperti nabi Ayub yang ditimpa penyakit begitu pula Nabi kita Muhammad shalAllahu ‘alaihi wa sallam pernah kalah dan cedera dalam perperangan Uhud? Dan banyak lagi contoh-contoh serupa baik ditingkat para nabi dan rasul maupun ditinggkat para sahabat dan Tabi’iin?. Jawabannya adalah sebagaimana berikut:
    1. Diantara hikmahnya adalah untuk menunjukkan bahwa mereka adalah manusia biasa tidak memiliki sedikitpun sifat-sifat ketuhanan. Sehingga tidak terjadi pengkultusan terhadap mereka.
    2. Diantara hikmahnya juga adalah untuk mengangkat derajat mereka di sisi Allah, sebagai balasan atas kesabaran mereka dalam menghadapi berbagai cobaan tersebut.
    Sebagaimana yang dinyatakan oleh Nabi shalAllahu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya: “Bahwa seseorang itu akan diberi cobaan sesuai dengan tingkat keimanannya”. (HR. At Tirmizy no: 2398).
    Semakin tinggi tingkat keimanan seseorang tersebut semakin besar pula cobaan yang akan dihadapinya.
    Diantara hikmahnya lagi adalah untuk menunjukkan bahwa segala yang terjadi di muka bumi ini adalah atas kehendak Allah, dan tidak ada sedikitpun campur tangan seorang pun dari makhluk, sekalipun ia nabi atau wali.
    Wallahu A’lam bisshawaab
    Selawat dan salam buat Nabi kita Muhammad shalAllahu ‘alaihi wa sallam, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang tetap berpegang teguh dengan petunjuk mereka sampai hari kiamat.
    Semoga tulisan ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca serta siapa saja yang berpastisipasi dalam menyebarkannya

    • Wahai Hamba Allah
      Dari tulisanmu engkau selalu mengharamkan bertawasul……apakah engkau adalah tuhan yg dapat mencap seseorang atau ibadah seseorang haram atau halal, makbul atau makbul, istigfar saudaraku……..Allah swt Ghopururrohim, tlg buka lagi kitabnya apa makna tawassul…………..islam tidak akan sampai ke Kita kalau tidak ada Malaikat Jibril, Kanjeng Nabi Muhammad SAW, Khulafauurrosidin dan para Wali Allah dan Sulton Aulia Allah………gak mungkin langsung Gabruk…..Semoga Allah SWT mengampuni Dosamu……….

    • rudy berkata

      klo orang syariat ketemu sama orang hakitat ya begini jadinya,,,
      apa yg di katakan hamba Allah menurut saya benar adanya begitu jg yg di jabarkan mas idris.
      klo bisa neh buat hamba Allah jgn belajar yg tersurat aj, coba dech belajar yg tersirat, ilmu Allah meliputi seluruh alam ini, jgn beda pendapat ini membuat kita menjadi yg paling benar, jadikan semua ini rahmat buat kita semua, dengan begini semoga Allah menambah wawasan, pengetahuan dan ilmunya buat kita semua, amin

    • Hamba Allah 2 berkata

      Buat saudaraku Hamba Allah,kebetulan kita sama2 Hamba Allah ya..bedanya sy Hamba Allah 2..it’s does’n matter..apalah arti sebuah nama.Menafikan tawasul/tabaruk & peranan para wali Allah adalah dalam mensyiarkan Islam ke belahan penjuru dunia adalah kurang tepat,bahkan bisa dikatakan salah.Karena kalau kita cermati dlm Al Quran terdapat ayat2 yg menerangkannya,antara lain:

      Dalam surat Ali Imran ayat 49, Allah swt. berfirman: “Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): ‘Sesungguhnya aku (Nabi Isa as.) telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung, Kemudian aku meniupnya, Maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman’ ”.

      Dlm ayat diatas jelas tersirat para murid nabi Isa ‘memohon’ bertawasul agar beliau menyembuhkan penyakit sopak,menyembuhkan org buta & menghidupkan org mati.Para murid tentu tdk menganggap Nabi Isa sebagai Tuhan yg mampu melakukan segalanya,tp krn didorong oleh hubungan khusus/kedekatan Nabi Isa sebagai seorang Nabi/kekasih Allah yg segala doannya akan dikabulkan.Ini bukan sirik krn sirik adalah:

      “Meyakini adanya kekuatan lain dan kemampuan (makhluk Allah)/Isa Al Masih secara independent/berdiri sendiri (merdeka) dari kekuatan dan kemampuan Allah swt”.Kemudian dlm Q.S An Nissa ayat 64:

      “Dan kami tidak mengutus seseorang Rasul melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah. Sesungguhnya jika mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu (Muhammad saw.) lalu memohon ampun kepada Allah, dan rasul (Muhammad saw.) pun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”.

      Jelas sekali di ayat ini bahwa Rasullulah sbg seorang yg memiliki kedudukan tinggi dan sebagai kekasih Allah diberi anugerah khusus/otoritas sbg perantara/wasilah & tempat memohon pertolongan,yg hakikatnya meminta kpd Allah swt.Ada banyak lagi surat dlm Al Quran mengenai wasila ini seperti dlm:
      Surat yusuf ayat 97& 98,Q.S 3:159,Q.S 60:12,Q.S 24:62 dst…cari semdiri yg lainnya.

      Kemudian peristiwa ketika Nabi Sulaiman ‘menantang’ siapa saja yg bisa membawa istana Ratu Balqis utk dibawa di hadapannya ( Q.S. An Naml:38-40) juga mengisyaratkan hal yg sama.Nabi Sulaiman bisa aja langsung memohon kpd Allah utk memindahkan Istana tersebut,krn peristiwanya adalah sangat luar biasa yg hanya dpt dilakukan oleh Allah swt.Tapi krn keluasan & anugerah Ilmu yg Allah berikan kpd Nabi Sulaiman hal tersebut tdk dilakukannya.Dlm peristiwa ini Nabi Sulaiman tentu bukan seorang yg menafikan peranan Allah swt & disangsikan ketauhidannya.Ayat2 yg lainnya masih banyak lagi.

      Pemahaman anda tentang Sufi juga sangat dangkal,apalagi menuduh kaum sufi dengan tuduhan yg tidak benar.Berdosa kita mengatakan sesuatu hal,apalagi utk konsumsi umum yg kita sendiri tidak secara sempurna mengetahui ilmunya.Ini biasanya hanya dilakukan oleh kaum Wahabi & Salafi yg membiddahkan sesuatu menurut keinginan mereka sendiri.Saran sy kita sama2 belajar lebih banyak lagi,berguru dgn ulama sholeh yg berahlak mulia dari Ahlu Sunah Wal Jamaah & jangan buru2 menganggap yg paling pintar,paling benar,paling suci,paling mengerti kitab dll,krn di atas langit masih ada langit.Ingat peristiwa Nabi Musa & nabi Khidir kan.salam

    • hengky berkata

      Ya ini yang disebut Ahli Kitab yang hanya bisa baca dengan akal tanpa hati
      Banyak ahli kitab yang masuk neraka termasuk yang baca Alqur’an hanya dimulut tanpa masuk kehati

  46. Apa salah kalau kita berterima kasih kepada YBS dengan mengirimkan Fatihah tanda terima kasih…….Subhanallah……..

    • idris_nawawimisteri berkata

      Hadzad zamanus sukut. Walujumul buyut warridho bilkut. Diam dan diam itu adalah baiknya hati dalam mendekatkan diri kepada yang maha Esa, dari pada berdebat ilmu yang menjadikan keyakinan kita hancur dan berlumpur dalam ketidak islaman. lahaula wala kuwwata illabillahil aliyyil adzim. Bagi yang minat silahkan istikomahkan surat Ayatul Kursy. fainsya alloh Biidznillah,,, manfaat dunia akherat.

      • Ceppy Cell berkata

        Assalamualaikum Wr.Wb
        Yth. Bapak Idris Nawawi

        Saya berminat dan mengamalkan surat Ayatul Kursy dan menjalankan riyadoh serta tatacara yang telah anda tuturkan diatas dan untuk itu saya mohon ijin dan ijazahnya juga doa’nya semoga saya mampu menjalankannya untuk keselamatan dunia dan akhrirat

        terimakasih
        Assalamualaikum Wr.Wb.

  47. AGUNARI berkata

    salam walaikum
    kawan kawan sekalian tolong dong saya, sedang tirakatin
    ayat kursi ini hari yg ke 17 rasanya cobaan amat berat.
    terutama ekonomi saya, seret banget rejekinya selain itu
    banyak orang mau ngajakin ribut sampai2 istriku pun begitu
    mohon dong bantu saya dalam pencercahan ini sekian dan terimakasih
    my email agunari@gmail.com

  48. sunaryanto berkata

    Assalam mualiakum
    Bapak Idris Nawawi.TJA
    setelah membaca Majalah misteri saya merasa tergugah untuk mengamalkan surat Al Khursyi, mohon ijazahnya Bapak Idris.
    Tetapi saya merasa batin ini masih kotor, piranti apa untuk menguatkan batin saya,bagaimana cara memesan tasbih sebagai penguat batin saya,atau saya akan mampir ketempat Bapak.
    terima kasih informasinya
    wasalam mualaikum

  49. aji s manungso berkata

    karomah ayat kursy akan bs dirasakan manfaatnya dg baik kl saja kita amalkan dg kerendahan & keikhlasan hati dlm menjalankannya…

  50. Rudy Cahyono berkata

    Assalam mualaikum wr. wb.

    Saya sangat tertarik dan berminat untuk menjalankan tirakat ayat kursy ini, karena amalan saya setiap habis sholat 5 waktu dengan membaca surat ini, hampir tidak pernah ketinggalan. Ayat kursi adalah ayat favorit saya di samping asmaul husna.

    Mohon keiklasan penulis untuk mengajarkan/mengijazahkan kepada saya, termasuk dengan doanya.
    Terimakasih saya ucapkan sebelumnya

    Wassalam mualaikum wr. wb.

  51. haidir bustomi berkata

    Assalamu alaikum mas Idris, saya minta ijazahnya utk mengamalkan ayat kursy ini. Utk tawasul dan doanya saya minta tulisan arabnya biar tdk salah baca dan mohon dikirim ke email saya riandymarlin@yahoo.co.id Trimakasih mas. Wassalamu alaikum.

  52. Rudy Cahyono berkata

    Mohon balasanya
    Makasih

  53. muchammad subur berkata

    Sudah sembilan bulan ini saya tidak mempunyai kerja kalau boleh tau apakah bisa ayat kursi karomahnya dipake untuk mencari usaha ( saya telah mencoba berbagai usaha tetapi selalu gagal) bagai mana caranya. Dan apakah bisa dipake untuk agar tidak ingat dengan masa lalu.

  54. Jamaludin Muhammad, Tuk Pancuran-Cirebon berkata

    Assalamu alaikum

    Pada dasarnya tirakat adalah sarana PDKT kepada Allah, baik dengan ayat kursi maupun bukan dengan ayat kursi. Kalau hamba sudah dekat dengan tuhannya maka apa yang diinginkannya akan diberikan. baik itu masalah keselamatan, perisai, jodoh, rizki dll… semua itu mudah bagi Allah. cuman terkadang kita melenceng dari tujuan awal itu sendiri yang berdampak itu dan ini,,, mungkin Kang Idris bisa menjelaskan lebih detilnnya…

    mudah2an komen ini bisa sedikit membantu kang Subur dan lainnya…

    Salam untuk Kang Idris & Kang H.Wawi

  55. ahmad berkata

    asalammualaikum WR WB
    sugeng enjeng kang idris..
    salam silaturrahim..’
    saya sangat senang sekali dengan hamba allah yang mau mewedar kaweruhnya untuk ummat,,semoga allah membalas semuanya..
    saya mohon ijin untuk mengamalkan ayat kursi ini, mohon ridho dan keihlasannya,,
    dan sebelumnya nuwn sewu kang iddris kalo bisa tolong teks arabnya disertakan,, dan kalo berkenan tolong dikirimkan ke alhaq_ahmad@yahoo.co.id

    terimakasih..
    jazakumullah khairan katsira…

  56. ary iryantoro berkata

    ary_dein@yahoo.com
    20 april 2010…

    Saya pada hari ini sedang menjalankan puasa ayatul kursy, ini hari yang kelima, mudah2an bisa bermanfaat bagi saya dunia akhirat. kepada bapak Idris, saya mohon doa restunya, semoga berhasil amiin. tapi knp ada perasaan takut ketika baca ayatul kursy pd pukul 11 malam? saya memang orang yg penakut, adakah caranya supaya tidak takut??

  57. mahfudz barizi berkata

    asalamualaikum wr,wb kang idris salam kenal,kami mohon minta do,anya ayat al kursi dan tawasulnya memakai ARAB,kirim ke eamail ini: matur nuwun Wasalam……(ALFAQIIR)

  58. muhammad berkata

    assalamualaikum wr.wb…mas tolong ajari saya tntng ilmu tersebut….karena saya ingin mendapatkan berkah dari baccan tersebut….wasalam.

  59. abdul aziz berkata

    Ass. Wr. Wb.
    Salam kenal Kang,

    Punten Kang abdi dari Bogor, yang masih awam soal ilmu hikmah..Syukron kasir bertemu dengan webblog Akang..
    Mohon izin mengamalkan ilmu ini dan klo ga keberatan mohon dikirimkan ke email saya bahasa Arabnya.

    Hatur nuhun..
    Al Fakir

  60. Azhari Rahwadi berkata

    mas tolong berikan cara-cara yang terbaik dalam ngamalin ayat kursi soalnya kita lagi belajar dengan orang lain nih ilmu agama? mungkin dengan kandungan ayat kursi bisa lebih mantap lagi agamanya.
    caranya kirim email saya nih (azhari.rahwadi@yahoo.com)

  61. moslem berkata

    Subhanallah, Terimakasih banyak atas Komentar Hamba Allah. Untuk Hidup berdasarkan tuntunan Quran dan Sunnnah Rasul. saya jadi ingat ayat quran yg mengatakan “Barang siapa yg bertaqwa Kepadaku maka akan Kuberikan Jalan keluar dan akan kuberikan rizky dari arah yg tidak disangka-sangka”. kuncinya Taqwa… selamat didunia dan akhirat. tiada yg lain

  62. Azhari Rahwadi berkata

    mas Idris Buhur Ambar itu apa sih..?
    kok saya baru dengar ya. tolong beritahu dong apa itu buhur ambar agar ayat kursy bisa diamalkan.

  63. Haikal berkata

    Ass. Pak Idris Dalam mendalami ilmu ayat kursi ini apakah ada efeknya jika tdk berhasil. (maaf contohnya seperti gangguan jiwa atau kemasukan mahkluh gaib selamanya dlam tubuh). Soalnya ada beberapa contoh yang mendalami ilmu syaefi ataupun jenis kebatinan lainnya.
    Untuk berijazah ilmu ayat kursi ini bisakah dari jarak jauh dgn tidak secara langsung

    • Sekedar sharing aja mas haikal, jika kita sampai gila mengamalkan suatu amalan sebenarnya bukan karena amalan dan wirid loh….Allah berfirman di dalam Al Qur’an berzikirlah kepadaku sebanyak – banyaknya, saking serius dan khusuknya kita berzikir kepada Allah swt maka Iblis Laknatullah gak terima, maka segala macam usaha dan upaya dilakukannya untuk menggagalkan zikir dan wirid hamba Allah tersebut biar hamba Allah yg lain menjadi kapok untuk zikir dan wirid, jadi semua itu adalah tipu daya iblis semata jangan takut kuatkan niat dan tekad sesungguhnya Allah bersama orang2x yg sabar.

  64. amica ulul berkata

    saya mohon menerima Ijazahan ayat kursi karena Allah ta’ala

    mudah-mudahan kita semua dapat barokah dan inayahnya

  65. amica ulul berkata

    oh ya ada yang lupa

    nama saya Amica ulul azmi

  66. sholeh berkata

    pak idris dan pak ihwan, saya mau mengamalkan ayat kursi ini, namun saya butuh bimbingan mohon di bantu karena saya takut salah jalan mengamalkanya,

    mohon di bantu +670 7252250 mudah mudah an alloh memberi kemudahan dalam mengamalkan ayat kursi ini amien

  67. ilham berkata

    mas minta alamat e mail nya

  68. Hari Safudin berkata

    Mz biza Kirimin bahasa Arabnya Ga Ke eMail Q….
    gockyl_abiez@yahoo.com

    Sebelumnya tRima kasih….
    dan mohon doa restunya Insa Alloh saya mencobanya……..

  69. Silahkan Kunjungi Web Kami http://eyangprabusiliwangi.blogspot.com
    Terima Kasih

  70. berly berkata

    ilmuy allah banyak ibarat laut jadi tinta nya dan pohon jadi penanya,mangkadari pada itu kita se bagai hambanya,di harus kan menuntut karna di hadist dan tafsir tdk ada kata mencari yg ada kata tuntut lah,sam pai anda benar mengerti makna2 nya,bukan arti nya,kalu anda mengerti jadi lah anda mengerti orang berilmu,jangan mengerti nya orang awam,karna ilmu itu banyak jalur,nya seperti ilmu syariat hakikat tariqat dan makrifat,seperti anda sekolah mulai dari SD,SAMPAI ANDA KULIAH,

  71. O.S.Tubagus.A berkata

    sepakat mas om barly,pokonya jangan lupa dimulai dari tekad yang diutarakan dengan ucapan dan dilakukan dengan perbuatan.insyaallah

  72. Hamba Allah berkata

    Ayat Kursi adalah ayat yang Indah,,,

    Jikalau bisa membuat daun menjadi Emas dan membuat uang secara Kontan.

    Kenapa Negeri ini masih kelaparan
    Kenapa tak kalian ubah sebanyak-banyaknya daun menjadi emas
    dan datang kan uang secara Kontan Sebesar 1 Triliun Dollar untuk melunasi hutang, membangun Sekolah, Menggratiskan Biaya Rumah Sakit, dan membiayai anak yatim.

    Bukankah Sebaik2nya manusia adalah yang bermanfaat

    • Wahabi berkata

      He…he..itu yg ada di pikiran anda selama ini,ketahuan kan akhirnya betapa anda hanya mengejar harta benda,menggunakan ayat2 suci utk kepentingan sempit kaum anda, tanpa mau belajar & menerima ilmu dari orang lain.menganggap semuannya biddah.Belajar lagi yg banyak sebelum komentar2 yg panjang…

  73. ihsan sugiyono berkata

    assalaamu’alaikum.wr.wb. mohon doa restunya pak ustad, insyaallah saya amalkan. mohon kirim kan ke e-mail saya. trims

  74. fathul wahhab berkata

    sebelum belajar yg ginian sangat baiknya d kuasai dulu ilmu fiqih,tauhid & tasawuf (akhlaq)

  75. sb riono berkata

    mohon ijin u amalin ayat kursi

  76. Ki PacekBesi berkata

    Anda ini di kasih ilmu yg bermanfaat tp malah sok pinter mknya bodoh terus..jd murid tawadulah sama guru…

  77. Ki PacekBesi berkata

    Pertolongan Alloh dtng kpd mereka yg terdesak membutuhkanya…pabila bersungguh-snggh dlm berdo’a melalui tirakat…bukan bermain sulap sim salabim…insya Alloh yg di ijazahkan kang Idrisnawawi baik untuk dunia dan akhirat bagi yg minat monggo sama-sama kita amalkan

  78. J. Santoso berkata

    Assalamualaikum…
    Kang Idris, Saya Sangat tertarik dengan artikel sampean tentang Amalan Ayatul kusiy, dan saya mohon ijin pengijazahan, serta doa restunya untuk mengamalkanya, Dan saya mohon bacaan tawasul tsb dengan bahasa arabnya agar tidak salah dalam membacanya, sekaligus minta doa yg harus dibacanya setiap habis baca ayat kursi tsb.

    Mohon dikirim ke imael saya (j.santoso91.@yahoo.com).

    Terimakasih atas bimbinganya, mudah mudah bermanfaat dunia akhirat, Semoga Alloh SWT membalas dengan kebaikan. Amin

    Wassalam.

  79. Erlangga berkata

    @ Tuk mas IdrIs nawawI : Kalau Tau Karomah karomah ayat yanG LaIn aJarIn saya dunks mas,,, dan MInTa IJazahannya,,, KIrIm Info Info Karomah ayaTnya ke emaIl Saya ya mas : Larry.lazzare313@Gmail.com

  80. MBAH BUYUT BUNTARA berkata

    yaa… ayolah kita mengamalkan ilmu Allah, bukan untuk mencari fadhilah dari ilmu tersebut, kita hanya akan dapat fadhilahnya saja,kita mengamalkan ilmu Allah hanya untuk mendapatkan Ridho dan RahmatNya.carilah dengan istikhomah dan rela. oh ya… minta saja ijazah langsung dari pewaris ilmu tersebut dengan bersilaturahmi datang ketempat pemilik ilmu tersebut, agar ada tautan ” NUR ” ,juga agar dapat nasehat langsung dari pewaris ilmu tersebut, agar bisa membedakan bisikan syetan atau Khadam dari Ilmu tersebut. maaf….

  81. H.HADI PRAYITNO berkata

    mhon maaf kami akan mengamalkanya ayat kursi tersut dgn puasa 7 harimohon daanya dan izinnya, terima kais biar saya bisa membangun TPQ (taman pendidikan alquran) sendiri.

  82. H.HADI PRAYITNO berkata

    oh iya pa ustadz mhn maaf sekalilagi waktu kami berangkat haji 2007
    saya mendapat sajadah yg sudah tergulung seperti cambuk namun sampai sekarang saya belum bisa berkomunikasi dengan khodamnya sajadah tersebut apa bisa bila saya sudah mengamalkan ilmu tersebut bisa berkomunikasi dengan khodam tersebut mhn petunjuk mtn nuwun (sajadah itu asalnya lembaran untuk solat tapi setelah towaf sajadah tsbt udah melilit sendiri seperti cambuk sampai sekarang)

  83. Muhammad Indra Yani berkata

    mohon izin ya mas untuk amalkan ayattu kursy sukran

  84. ustad gemblung berkata

    sak karebmu, gara penjabaran yang kurang kita bisa tersesat, klu mu berdoa’a ya karena ALLa taala titik.

  85. ustad gemblung berkata

    sak karebmu, gara penjabaran yang kurang kita bisa tersesat, klu mu berdoa’a ya karena ALLAH taala titik.

  86. ustad gemblung berkata

    sak karebmu, gara2 penjabaran yang kurang kita bisa tersesat, klu mu berdoa’a ya karena ALLAH taala titik.

  87. gus hendry berkata

    Asalamu alaikum ,

    Mohon ijin dan petunjuknya , saya bermaksud mengamalkannya, dan untuk itu mohon di ijazahkan ke saya email saya gus_hendry@yahoo.com, syukron jazilan ‘alaik.

    wasalamu alaikum.

  88. riyan arwan berkata

    apapun namanya ilmu smua trgantung diri kta sndri ibarat kta pnya pisau bisa gnakn untuk yg baik and buruk kan tergantng kta yg pegaang ya gak saudara2ku ?okey SLAM DAHSYAT oya bila anda smua btuh usaha smpingan cek web:www.duta4future.co.id trus sms ke087838660375 arwan bantul

  89. riyan arwan berkata

    kta hrus slalu berpikir positif dmnapun and kpanpun syukuri apa yg ada kyak lagunya dmasih itu looo!!key
    slam sukses tuk smua!!!

  90. Lemah ireng berkata

    Makasih masukannya

  91. masduki berkata

    salam persahabatan untuk semua yang hadir di blog ini, saya sangat tertarik dengan amalan ayat kursi ini,. yakin bahwa memang banyak rahasianya dan belum terbuka kecuali bagi orang tertentu. saya terus memahami agar saat mengamalkan nantinya betul-betul siap secara lahir dan batin tolong untuk mas Idris atau mas Ihkwan suryana, dengan segala kerendahan hati kami mohon untuk mengirimkan caranya yang berbahasa arab, biar lebih mantab dan tidak salah baca.termasuk do’a setelahnya.matursuwun kathah sakderengipun, semoga yang Maha Kuasa melimpahkan kekuatan untuk mas Idris dan rekan-rekannya tuk bantau sesama yang membutuhkan. e mail saya kawulo_gusti@ymail.com

  92. tatang berkata

    ass.wr.wb. mas IdrIs nawawI : tolong ijazahkan dan KIrImkan Karomah ayat Kursynya yang lengkap ke emaIl Saya ya mas : tatangpatah@yahoo.co.id
    Balas & terimakasih

  93. hielmy berkata

    Assalamualaikum wr.wb mas idris slm knl sblm ya !sy ingin mengamalkan karomah ayat kursi mohon bimbingannya !niat puasa dan buka nya gmn ?mohon tata cara ,tawasul,do’anya dikirim kan ke email sy !dan sy mohon izin,do’a restu utk mengamalkannya!!!email sy HIELMYBOEDACKBAGEUR@YAHOO.CO.ID…terima kasih wassalam.

  94. ibnu berkata

    asslamu’alaikm ustadz idris..
    Saya prnah sowan ke ustadz 2 x..skarg saya mohon ijin dan ridhonya serta do’ana akan mengmalkan tirakat ayat kursi..
    Wasallam..

  95. bayu rismawan berkata

    mohon restunya insya allah saya akan mengamalkan.

  96. Mr.Zm berkata

    Qobiltu kang idris nawawi riyadhoh ayat qursy secra lengkap dn sempurna untk diri saya al fatihah terkirm bwt panjenengan..

  97. Anwar - Jakarta berkata

    Assalamu’alaikum Wr Wb.

    Ustadz, mohon kiranya bisa memberikan informasi lokasi makam beliau Almarhum Kyai Burhan. Saya berniat untuk ziarah. Insya Allah.

  98. mufhti berkata

    Assalamualaikum wr.wb ustad idris..
    Saya mohon ijin ijazah mengamalkan tirakat ayat kursi, semoga barokah dan manfaat buat saya dan keluarga dunia dan akhirat ..amin.

  99. eddy berkata

    asslamualaikum Kang Indris mohon maaf sebelumnya, saya mohon izin untuk ngamalin karomah ayat kursy semoga bisa bermamfaat bagi banyak orangi terimakasih ” wassalam

  100. urang cianjur berkata

    subhanallah….. Allahhuakbar… Alhamdulillah Allah telah mengajarkan ilmu yang berharga melalui apa yang dipaparkan hamba Allah dan bpk idris nawawi… Terima kasih banyak semoga Allah membalas kebaikan anda dengan kebaikan yg berlipat didunia dan akhirat… Amiiin…. Wa laa yuhiituu na bisyai in min ‘ilmihi illa bi masysyaa a…..

  101. lokman kadir berkata

    Salam sudara sudara ku sakalian nya. Aku ada kemuskilan mengenai kenyataan ini:

    “Pertama kali amalan ini tercetus dari baginda Rasulullah SAW, lalu Beliau mengijazahkannya pada Nabiyullah KHidir AS. Khidir mengijazahkannya kepada tiga orang Quthbul Mutlak, yakni Syeikh Abdul Qodir Al Jaelani, Syeikh Abil Qosim Al Bagdadi, dan Syeikh Abu Hasan Assyadzili.”

    Bukankah Nabi Khidir AS. telah wujud pada zaman Nabi Musa AS. Mana mungkin Nabi Muhammad SAW mengijazahkan nya pada Nabi Khidir AS. Adakah ilmu ini benar? Adakah dari sumber yang Sahih?

  102. fasrah berkata

    ass wr wb… mohon di ijazahkan
    mohon izin dan doa restunya untuk mengamalkan ayat kursy semoga menjadi berkah dan amal ibadah

  103. andrea ramadany berkata

    Bagus.

  104. Ben berkata

    Assalamualaikum Wr Wb
    Pak Ustad Ysh, Saya berniat mengamalkan ayat kursyi, mohon ijin dan ijasahnya,semoga Allah SWT ridho kepada kita Umatnya, terutama kepada Pak Ustad, amin ya robbal alaminnn
    wass

  105. derik wibowo berkata

    oke bro..

  106. muqdis Nedi berkata

    mohon izi pegamalan

  107. alifwood berkata

    saya minta izin dan ijazahnya untuk mengamalkan karomah ini. Mohon arahan selanjutnya. alifa_rathrick@yahoo.co.id. Semoga bermanfaat bagi saya dan orang2 di sekitar saya… Amin!

  108. Ceppy berkata

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Saya berniat memangamalkan ayat kursi lillahi taala mohon ijazah dan doa restunya dari pak Ustad biar saya menjadi orang yang selalu dapat bersyukur terhadap nikmatNya

  109. YOYOK ERMAWAN berkata

    kang Idris Dengan ini saya mohon izin+ijazahnya secara g langsung (otomatis) kepada saya untuk mengamalkannya
    terima kasih
    BAROKALLAH….

  110. tak ingin sesat berkata

    Assalamu’alaikum wbr.saya spendapat dngn hamba ALLAH.bagi siapa yang mengamalkan alqur’an dan hadist nabi dialah yang akan bahagia dunia akhirat.kenapa hanya ayat kursi saja yang harus diamalkan.dengan syarat puasa diluar ajaran islam lagi.puasa umat islam yg wajib itukan puas ramadhan itupun pahalanya hanya Allah yg tau.bukan diberi kaya diberi kuat segala macam tidak.bertaubatlah saudara2ku yg telah terjerumus kedlm kesesatan.amalkan dulu ayat yang pertama turun Iqrok.bacalah…wssalam

  111. Dian Wahyudi berkata

    Pak,Bagaimana bila tidak melaksanakan syarat tersebut,seperti puasa,baca tasawul hanya membaca ayat kursi .Apa manfaatnya sama seperti yang disebutkan di atas,Terimakasih

  112. assalamualaikum wr wb,pak mohon pengijasahannya saya ingin mengamalkannya,semoga kita semua dalam ridonya Allah ,selamat dunia dan akhirat amin.wassalam

  113. abdul berkata

    mohon ijin mengamalkannya sekaligus bimbingannya agar lebih seneng dzikir dan tambah dekat dengan Allah, mohon bimbingannya melalui emaiku ( si-art74@yahoo.com )

  114. abdul berkata

    mohon ijin mengamalkan biar tambak dekat dengan Allah dan tambah cinta dzikir , tolong bimbingannya bisa lewat emai ini ( si_art74@yahoo.com )

  115. cipto berkata

    saya senang membaca ini semua sehingga saya dapat menambah ilmu saya tentang ayat Allah ini

  116. a.jafar berkata

    asalamualaikum wr wb

    dari sekian banyak ilmu kok nggak ada yang ketemu nabi muhammad saw…padahal itu nabi kita………atau setiap tingkat silsilah harus 40 hari ….atau karena setan tak mampu menyerupai nabi…..aduh memang hidayah itu mahal sekali…walau tak dijual….seperti kisah doa ‘ukasah….di ikuti tapi tidak diterima keduluan sama ‘ukasah….nah dari itu intinya mari kita ibadah sekiuat mungkin dengan ilmu yang dimiliki/diimani..ingsa allah kalau diamalkan akan ditambah….watawasaubil haq watawa saubisobr…ada tk ada sd ada profesor dll tentunya cara amalan berbeda…tapi kita tetap harus terus belajar…supaya bisa berkata insaallah bukan berkata pasti….dzikron katsiron cara nabi yang dipahami oleh tk berbeda dengan yang sma…Allah tidak memberikan beban diluar kemampuan kita….nah dari itu jangan keluar rel….dan mudah mudahan Allah selalu membimbing hambanya yang berusaha menaatinya amiin
    wassalamualaikum wr wb

  117. Ismail Id berkata

    Assalamu’alaikum mas Idris Nawawi.
    Saya ingin bertanya apakah berpuasa dengan pantangan tidak boleh memakan-makanan yang bernyawa itu termasuk tidak boleh makan telur juga?
    Atas perhatian dan jawabannya Saya ucapkan terima kasih.

  118. joko tole berkata

    assalamualaikum wr.wb. Izinkan mengamalkanya gus..terus Doa niat puasanya gimana gus.? Mhon pencbaranya..suwun.

  119. Wenda berkata

    Bagus sekali….semoga Allah saja yang berkenan membalas budi baik mas idris

  120. sandi berkata

    minta ijin ngjalanin ijazah ya kang,,,terima kasih sbelumnya

  121. surya hari pahri berkata

    Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh

    Sdr. Idris Nawawi,
    terima kasih, Insya allah saya akan amalkan, mohon doa restu saudara.

    Wassalam

  122. ASep berkata

    assalamu`alaikum pa idris

    perkenalkan saya asep

    mohon idzin dan do`a restunya untuk mengamalkan atau tirakat karomah ayat kursi,,, dan mohon bimbingannya dari jauh , salam

    asep

  123. Farell Dimensi berkata

    assalamualaikum mas ihwan iizinkn saya untuk mengamalkn amaln ayat kursi tersebut smoga mas ihwan di trima amal baiknya karna sudah menularkan informasi yang mulia ini amiiin…..mohon blasanya ke EMIL saya mas.

    • Sama2x mas saya sekedar sharing pengalaman aja, kalo minta ijazah tolong ke Kang Idris Nawawi aja yang ahlinya…..kami sama2x satu karuhun dari Kanjeng Sunan Gunung Djati Cirebon Keturunan Eyang Prabu Siliwangi…..Galuh Pakuan Padjajaran……..

  124. supriyanto berkata

    assalamualaikum.wr.wb,htiny bergerak tuk mengamlkn amaln yg anda tls,,trus doany tu gmn!!kn kalau mengamalkn amaln yg anda tls hrs pke doa yg anda tls jg..mohn diksh tau

  125. Irfan berkata

    Assalamualaikvm,kang idris kalau itu amalan dpt dr siapa?k’lo dr gr nmny’ siapa?

  126. muhammad norsalam al fakesi berkata

    qobiltu saya terima ijasahnya dengan hati yang ihlas yakin dan mantap,semoga alloh meridoi kita semua,dan semoga alloh selalu mengabulkan permohonan kita dan memberikan rahmat,taufik dan hidayahnya kepada kita semua.amin yarobbal alamiin.khusus untuk guru kita KH.HABIB IDRIS NAWAWI TJA KHON semoga alloh senantiasa memberikan kesehatan dan keselamatan dan di mudahkan segala aktivitasnya.amiin ya robbal alamin.jazakallohu biahsanil jaza’.

  127. ibra berkata

    kejarlah istiqomah dan jgn kalian cari karomah……

  128. anang fathoni berkata

    pak Idris mohon ijin utk mengamalkannya

  129. Kok sepi ya pada kemana ya….ayo kita amalkan lagi……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: